Story Telling Tumbuhkan Minat Baca Anak

Story Telling Tumbuhkan Minat Baca Anak

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terus berusaha meningkatkan minat baca anak sejak dini. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu mengadakan kegiatan Story Telling di Aula Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Rabu (30/10).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd mengatakan, untuk menumbuhkan minat membaca pada anak-anak usia dini, pihaknya menggelar kegiatan Story Telling kepada 500 anak Pendidikan Usia Dini (PAUD) di Kota Bengkulu. Hal ini dilakukan mengingat Story Telling telah terbukti mampu menumbuhkan literasi, membaca, dan bercerita.

\"Story Telling telah terbukti menumbuhkan budaya literasi ke anak, sehingga membuat minat baca buku mereka meningkat,\" kata Meri.

Dengan tumbuhnya minat baca buku pada anak, maka pengetahuan mereka akan semakin bertambah. Karena dengan membaca buku maka gerbang ilmu pengetahuan akan terbuka lebar dan membuat anak semakin cerdas.\"Ini kegiatan yang positif dan luar biasa sekali, kita harapkan ini nantinya akan mampu memotivasi mereka,\" tutur Meri. Selain memotivasi anak untuk gemar membaca, Story Telling juga mampu membentuk karakter anak menjadi lebih baik.

Karena banyak aspek pendidikan yang disampaikan disetiap cerita. Bahkan beberapa karakter di dalam cerita mampu memotivasi anak untuk menjadi lebih baik.\"Story Telling itu bisa membentuk karakter anak menjadi lebih baik, kalau dalam cerita ada tokoh yang baik dan pandai, anak-anak pasti mengayomi tokoh tersebut. Jadi ini sangat efektif membentuk karakter anak sejak dini,\" ungkapnya.

Melihat begitu positifnya kegiatan ini, membuat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu pada 2019 ini akan gencar melaksanakan kegiatan yang bertema \"Meningkatkan Budaya Literasi dan Karakter Bangsa Sejak Dini\" ini.Bahkan pihaknya berharap kegiatan semacam ini bisa dilakukan di Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Sehingga minat baca anak-anak bisa semakin meningkat dan sumber daya manusia di daerah semakin berkualitas.\"Kita harapkan kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi saja, tetapi Pemda di Kabupaten atau Kota juga harus melaksanakannya juga,\" tutupnya.(YT/KRN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: