Bukit Pabes di Lebong Terbakar

Bukit Pabes di Lebong Terbakar

LEBONG, BE – Diduga dibakar secara sengaja untuk membuka perkebunan, kawasan hutan di kaki Bukit Pabes Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu terbakar. Namun kebakaran hanya bisa dipadamkan secara manual, karena akses jalan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki atau kendaraan roda dua.

Data terhimpun, awal mula kebakaran lahan di kaki Bukit Pabes sendiri sudah mulai diketahui Rabu (23/10) sore, dan hanya terlihat kepulan asap. Namun sekitar pukul 20.30 WIB, kepulan asap mulai tampak terlihat dari kejauhan. Lalu sekitar pukul 20.30 WIB api tampak terlihat hingga jarak puluhan kilometer.

Sekitar pukul 21.30 WIB, api mulai terlihat mengecil karena petugas gabungan baik itu dari TNI-Polri, petugas Pemadam Kebakaran serta masyarakat berhasil memadamkan sumber api dengan cara disemprot dengan alat penyemprot.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Dissatpol PP) Kabupaten Lebong, Zainal Husni Toha SH melalui Kepala Bidang (Kabid) PBK Wide veronica SIP MM, ketika dikonfirmasi mengatakan, mobil damkar tidak bisa menuju ke titik lokasi kebakaran, sehingga tim pemadam bersama anggtota TNI, Polri, dan warga memadamkan api secara manual.

“Anggota bersama TNI-Polri dan masyarakat berangkat ke lokasi untuk memadamkan api dengan cara manual,” jelasnya.

Guna mengantisipasi muncul titik api meluas ke pemukiman warga, Wide mengatakan, seluruh petugas damkar siap siaga. “Semua siap siaga dan kita berharap api bisa sepenuhnya padam,” harapnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: