Tes PPPK Tahun Depan

Tes PPPK Tahun Depan

Tahun Ini Khusus CPNS

BENGKULU, Bengkulu Ekspress  - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu urung melakukan seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Pasalnya, dari kuota CPNS yang disetujui oleh KemenPAN-RB sebanyak 40 orang tersebut, tidak ada satupun untuk PPPK. Tidak hanya Pemerintah Provinsi Bengkulu, pemerintah kabupaten juga tidak menggelar tes PPPK.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Dra Hj Diah Irianti MSi melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK), Rufran mengatakan, memang dari arahan KemenPAN-RB tidak mensyaratkan untuk diberikan kuota jalur PPPK.“Memang secara nasional, tidak ada tahun ini PPPK,” terang Rufran kepada BE, kemarin (21/10).

Dijelaskannya, untuk jalur PPPK akan dibuka tahun depan. Artinya, honorer yang ingin mengukuti seleksi PPPK harus menunggu tahun depan. “Dialihkan jalur PPPK tahun depan. Tahun ini memang tidak ada,” paparnya.Sebelumnya, menurut Rufran, pemprov telah mengusulkan kuota CPNS dan PPPK sebanyak 52 orang. Hanya saja yang disetujui CPNS. “52 CPNS usulan kita itu sudah termasuk PPPK. Tapi yang disetujui hanya 40 CPNS,” tambah Rufran.

Dari kuota 40 orang CPNS itu, formasinya untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Terbanyak tenaga kesehatan dan pendidik. Hanya saja, secara rinci belum bisa diinformasikan kepublik, lantaran belum diserahkan kepada Kepala BKD Provinsi. “Saya belum membukanya secara rinci. Karena masih mau saya laporkan ke kepala dulu. Nanti baru bisa kita sampaikan,” ungkapnya.

Ketika telah dilaporkan, BKD secara resmi akan menyampaikan kepada publik. Sehingga masyarakat yang ingin mendaftar CPNS, bisa bersiap-siap sesuai dengan jalur pendidikan yang sesuai dengan formasi yang dibutuhkan. “Jelas akan kita sampaikan nanti,” paparnya.

Ia mengaku persyaratannya tidak ada perubahaan dari syarat yang telah dibuat sebelumnya. Seperti dibutuhkan KTP, KK, NIK dan syarat teknis lainnya. “Saya pikir tidak ada perubahaan syaratnya, masih seperti tahun sebelumnya,” beber Ruflan.

Begitupun untuk tahapan pelaksanaan rekrutmen CPNS itu tidak mengalami perubahaan dari rencana awal. Seperti pendaftaran akan dibuka bulan depan dan pelaksanaan tes CPNS sistem CAT akan digelar bulan Februari dan Maret tahun depan. “Tahapan pelaksanaan belum ada perubahaan, masih sesuai dengan rencana,” tegasnya.

Ketika pelaksaan nantinya dimulai, Ruflan memastikan BKD Provinsi siap melaksanakannya. Sebab, anggaran pelaksaan juga sudah disiapkan. Begitupun untuk teknis pelaksanaan nantinya ditanggungjawabkan sepenuhnya kepada BKN.“Insya Allah kita siap dan kita berupaya lebih sukses dari tahun sebelumnya,” tutup Ruflan. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: