Gali Potensi Desa

Gali Potensi Desa

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PADes), para Kepala Desa (Kades) yang ada di kabupaten yang memiliki 192 desa ini, agar lebih pandai dalam menggali sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk Anggaran Pendapat dan Belanja Desa (APBDes).

“Sebagai seorang pemimpin, Kades pun dituntut untuk menjaga sikap serta respon terhadap kondisi di desanya masing-masing,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur, Asmawi SAg MH, kemarin (9/10).

Menurut Asmawi, banyak potensi desa yang dimiliki desa yang bisa digali dan dijadikan sumber APBDes. Bagi desa yang belum memiliki pasar, misalnya dengan membangun pasar desa. Atau mengelola objek wisata yang dimiliki. Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah di desa, Kades wajib untuk selalu mendukung program-program dan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kaur.

\"Saya berharap Kades harus dapat menjalin kemitraan dengan BPD dan saling, menghargai hak dan kewajiban masing-masing. Sehingga mampu menggali dan mengembangkan, potensi desa yang ada,” harapnya.

Ditambahkannya, dengan banyaknya potensi desa ini. Tentu membutuhkan manajemen tata kelola keuangan desa yang baik dan transparan. Pihaknya berharap seluruh elemen masyarakat desa harus selalu memantau dan mengawasi pengelolaan keuangan desa. Hal ini penting, agar pemanfaatan dana desa sesuai skala prioritas pembangunan di desa.“Jika memang ada hal-hal yang melenceng dari kepala desa dan aparatnya, BPD bisa menegur nya, dan kita masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pembangunan desanya masing-masing,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: