Pohon Tumbang, Listrik Padam

Pohon Tumbang, Listrik Padam

KAUR TENGAH, Bengkulu Ekspress- Sebuah pohon kayu aren berumur puluhan tahun setinggi 20 meter tumbang menimpa kabel listrik di Jalan Desa Sinar Jaya Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur, Kamis (3/10). Akibat pohon tumbang itu mengakibatkan listrik di dua kecamatan yakni Kecamatan Luas dan Muara Sahung, padam. Selain itu sempat menyebabkan kemacetan lalu lintas akibat pohon tersebut.

“Kejadian pohon tumbang ini Subuh tadi, dan jalan sempat terganggu, tapi sekarang jalan menuju Luas dan Muara Sahung sudah bisa dilalui kembali,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur, Ujang Syafiri SPd SIP, kemarin (3/10).

Dikatakan Ujang, tumbangnya pohon itu terjadi sekitar pukul 05.30 WIB dan ini dikarenakan kondisi pohon sudah lapuk. Dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa hanya materil saja, dimana pohon itu mengakibatkan kabel induk listrik penghubung dua Kecamatan Luas dan Muara Sahung putus. Akibat peristiwa tersebut, akses jalan utama Kecamatan tersebut sempat macet total. Beruntung, kejadian itu cepat diatasi oleh petugas BPBD, Koramil dan aparat kepolisian. Petugas langsung melakukan evakuasi dengan melakukan pemotongan batang pohon yang roboh melintang ke tengah jalan raya tersebut menggunakan gergaji mesin.

Proses evakuasi pohon tumbang tersebut juga tidak mudah. Mengingat batang pohon yang roboh tersebut juga berukuran cukup besar dan menimpa sebuah kabel listrik. Dalam tempo sekitar dua jam, batang pohon berhasil dipotong dan dialihkan ke tepi jalan.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan hanya menyebabkan kabel listrik putus saja, dan juga kita minta kepada pengendara lebih hati-hati saat melintas yang banyak pohonnya, karena kondisi cuaca sekarang tidak menentu,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala PLN Rayon Bintuhan Anggun Haryadi membenarkan jika dua kecamatan tersebut mengalami mati lampu. Hal ini dikarenakan pohon tumbang yang berukuran besar itu mengenai kabel listrik dan menyebabkan kabel putus. Akibat kejadian tersebut, PLN harus memadamkan aliran listrik untuk mengevakuasi tiang tersebut. Hingga berita ini diturunkan perbaikan jaringan masih terus dilakukan petugas PLN.“Ini salah satunya faktor cuaca juga, dan untuk kabel listrik yang putus itu sedang dalam perbaikan petugas kita dan dan kita usahkan secepatnya listrik normal lagi,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: