Pilkades Butuhkan Dana Rp 4 Miliar

Pilkades Butuhkan Dana Rp 4 Miliar

\"\"BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kabupaten (Pemka) Kaur harus merogoh kocek cukup besar untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dalam penyelenggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar awal 2020 mendatang. Dimana dalam Pilkades serentak yang mengikutsertakan 106 desa se-Kabupaten Kaur ini, pihaknya mengusulkan anggaran sebesar Rp 4 miliar.

“Untuk jadwal Pilkades ini kita belum tau pasti dan kemungkingan bulan April tahun 2020, nah dalam Pilkades ini kita sudah mengusulkan anggaran Rp 4 miliar,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur Asmawi S Ag MH melalui Kabid PMD Donny Rasfino ST kemarin (2/10).

Dikatakannya, usulan itu untuk mengakomodir sejumlah kebutuhan pelaksanaan Pilkades mulai dari pengadaan surat-suara kotak suara hingga kebutuhan lain yang diperlukan nantinya. Donny juga menyebutkan pihaknya mengusulkan Rp 4 miliar itu. Dana tersebut akan disebar ke 106 Desa yang menggelar Pilkades. Nominalnya, antra satu desa dengan desa dipastikan berbeda tergantung jumlah hak pilih warga.“Dana ini diluar dana pengamanan. Teknisnya, akan disesuaikan dengan jumlah pemilih,” terangnya

Ditambahkannya, untuk tahapan dalam pelaksanaan Pilkades serentak itu dan dimulai pada Januari 2020 dengan sosialisasi, pembentukan panitia, pendaftaran bakal calon, penetapan calon, Penetapan jumlah pemilih, pelaksanaan kampanye dan pemilihan. Dimana keseragaman pelaksanaan Pilkades yang nantinya akan dijadwalkan secara serentak.“Kalau wacana kita gelar paling lambat April, namun tentunya kita melihat arahan arahan lain dan menyingkronkan dengan jadwal yang ada nantinya,”jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: