1 Ton Obat Kedaluarsa Bakal Dimusnahkan

1 Ton Obat Kedaluarsa Bakal Dimusnahkan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Guna menghindari hal yang tak diinginkan terhadap penggunaan obat-obatan, kemarin (25/9) Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama dengan pihak terkait mulai menghitung obat obatan di gudang Dinkes. Penghitungan ini untuk memastikan obat-obatan yang sudah expired atau kedaluarsa benar benar tak dapat digunakan lagi dan akan dimusnahkan.

“Kita sedang melakukan penghitungan dan juga merincinya mudah mudahan minggu ini selesai dan akan secepatnya kita musnahkan, jumlah obat yang kita musnahkan ini ada sekitar 1 ton,” kata Kepala Dinkes Kaur Azwar S Sos kemarin (25/9).

Dikatakannya, obat obatan itu berasal dari pengadaan Dana Alokasi khusus (DAK) serta sektor lain sejak tahun 2009 -2019 ini. Bila dirupiahkan maka jumlah obat obatan yang akan dimusnahkan mencapai Rp 839.570.741,rata-rata expired obat obatan dua tiga tahun yang lalu. Petugasnya sejak kemarin kembali memeriksa gudang untuk memastikan obat obatan tersedia di gudang tidak mengalami expired.

“Jadi yang sudah memasuki masa expired ini langsung kita singkirkan supaya tidak terkirim ke puskesmas,” imbuhnya.

Ditambahkannya, pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan rutin kepada obat-obatan yang ada di gudang termasuk juga menjaga suhu gudang sesuai dengan standar obat- obatan. Pihaknya juga meminta kepada pihak Puskesmas untuk melakukan pengecekan rutin jangan sampai nanti ada obat expired yang diberikan kepada pasien sebab akibatnya sangat fatal.

“Kita juga sudah menghibau 16 Puskesmas untuk dapat melaporkan dan menyerahkan ke Dinkes bila ada obat-obatan yang sudah memasuki expired ke Dinkes secepatnya,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: