Dispertan Siapkan Mesin Penyedot Air

Dispertan Siapkan Mesin Penyedot Air

CURUP, Bengkulu Ekspress- Menyikapi mulai mengeringnya area persawahan di Kabupaten Rejang Lebong karena hujan tak kunjung turun. Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong telah menyiapkan mesin penyedot air.Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman SP mengungkapkan jumlah mesin penyedot air yang disiapkan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong mencapai 14 unit.

\"untuk mengatasi kekeringan yang saat ini mulai terjadi di Rejang Lebong, saat ini kita telah menyiapkan 14 unit mesin penyedot air,\" sampai Taman.

Menurut Taman, alat penyedot air milik Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong tersebut saat ini ada di barigade Alsintas Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong.Untuk masyarakat Rejang Lebong yang memerlukan mesin penyedot air untuk mengairi sawah mereka. Taman mempersilahkan mengajukan surat peminjaman ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong. Masyarakat yang bisa meminjam alat penyedot air tersebut baik yang berasal dari kelompok tani maupun secara individu.

\"yang bisa minjam alat penyedot air ini baik yang tergabung dalam kelompok maupun masyarakat mandiri,\" sampai Taman.

Diungkapkan taman, dari total 14 mesin penyedot air yang dimiliki Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong sudah ada enam unit mesim yang dipinjam masyarakat. Ia berharap dengan adanya pinjaman mesin penyedot air tersebut maka bisa meminimalisir dampak dari musim kemarau yang tengah berlangsung.

Sementara itu, Terkait dengan dampak dari musim kemarau sendiri, Taman mengaku saat ini dampak dari musim kemarau sudah dirasakan para petani di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana sudah banyak lahan pertanian baik sawah maupun palawija yang mengalami kekeringan.

Terkait dengan masalah kekeringan tersebut, Taman mengaku pihaknya sudah mengintruksikan seluruh penyuluh pertanian yang ada di lapangan untuk memantau area pertanian yang mengalami kekeringan.\"Kita sudah mengintruksikan seluruh penyuluh pertanian untuk melakukan pendataan area pertanian yang kering, bila memang membutuhkan mesin penyedot air maka diminta segera berkoordinasi dengan dinas,\" demikian Taman.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: