Dewan Percepat Bentuk AKD

Dewan Percepat Bentuk AKD

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Anggota DPRD Provinsi Bengkulu yang dilantik Senin (2/9), sudah mulai ngantor, kemarin (3/9).  Hanya saja, tidak semua dewan baru mulai masuk kantor, ada beberapa dewan yang belum masuk.  Salah satu Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Badrun Hasani mengatakan, anggota dewan dari Partai Golkar semuanya sudah masuk di hari pertama usai dilantik. \"Kalau yang dari Golkar sudah lengkap semua tadi,\" ujar Badrun kepada BE, kemarin (3/9).

Dikatakannya, ngantor perdana ini minimal bersilahturahmi dengan dewan yang baru. Tidak hanya sesama parpol, tapi juga di luar parpol. Begitupun bersilahturmai dengan para staf yang ada di DPRD Provinsi Bengkulu. Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menggalar rapat untuk mempercepat pembahasan Alat Lelengkapan Dewan (AKD). Sehingga pembagian komisi bisa segara dilakukan. \"Rapat kita sudah, tinggal lagi menunggu AKD dibahas bersama,\" tuturnya.

AKD itu sangat penting, sebab, jika tidak ada AKD, maka pembagian kinerja dewan tidak bisa dilakukan. Termasuk membagi fraksi yang harus dilakukan penggabungan parpol menjadi satu fraksi. Begitupun dengan pengisian unsur pimpinan. \"Setelah AKD disahkan, maka pembagian komisi akan dilakukan,\" ujar Badrun.

Badrun mengatakan, dirinya siap untuk mengisi di komisi berapapun. Baik komisi I, II, III maupun komisi IV. Sebab, menurutnya tugas komisi semua sama, untuk mempercapat kemajuan Bengkulu.\"Kalau saya dimana saja siap, karena kepentingannya sama untuk membangun daerah,\" tegasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Sri Rejeki mengatakan, saat ini anggota dewan sudah dibagi ke komisi-komisi. Hanya saja, sifatnya sementara. \"Finalnya nanti, kalau sudah ada rapat fraksi, jadi masing-masing parpol menentukan dewannya masuk di komisi mana,\" ujar Sri.

Sebelum pembagian tersebut, tentunya dewan akan mempercepat pembahasan tatib dewan dan AKD. Dalam waktu dekat ini, pembahasan sudah bisa dilakukan secara bersama. \"Secepatnya kita bentuk bersama,\" tegasnya. Sementara itu, Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Bengkulu, Syaiful mengatakan, AKD dan tatib yang menentukan dewan. Termasuk pengisian unsur pimpinan, juga harus segera diserahkan oleh masing-masing parpol. Ketika telah diserahkan, maka bisa segara dilaporkan ke Kemendagri untuk diterbitkan surat keputusan (SK)-nya.

\"Partai yang mengusulkan, setelah itu di paripurnakan, baru diserahkan ke Kemendagri. Sekarang kita tunggu dari partainya,\" ujar Syaiful.

Soal gaji dewan, menurut Syaiful, sudah bisa diambil oleh masing-masing anggota dewan. Posisi saat ini sedang proses administrasi. \"Paling lambat Senin dewan sudah gajian semua,\" tutupnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: