2 Sumber Air PDAM Mulai Mengering

2 Sumber Air PDAM Mulai Mengering

CURUP, BE - Musim kemarau yang terjadi saat ini mulai berdampak pada mengeringnya sumber air baku PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong. Dari 20 lebih sumber air baku PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong saat ini sudah ada dua sumber yang mulai mengering.

Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong, Orin Retnowati ST MT mengungkapkan dua sumber air baku PDAM Tirta Dharma yang mulai mengering tersebut berada di Kecamatan Selupu Rejang yaitu sumber air dari Air Bulak dan Air Sejeneak.

\"Dampak dari kemarau ini ada dua sumber air kita yaitu Air Bulak dan Air Sejeneak yang mulai mengalami kekeringan,\" sampai Orin saat dikonfirmasi Senin (2/9) kemarin.

Menurut Orin selain karena kemarau, mengeringnya dua sumber air baku PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong tersebut juga dipengaruhi oleh perubahan tata ruang khususnya didua lokasi sumber air baku tersebut. Perubahaan tata ruang yang ia maksud seperti adanya pembukaan kawasan hutan menjadi arean pemukiman maupun pertanian sehingga mengurangi daerah resapan air didaerah tersebut.

Lebih lanjut Orin mengungkapkan, selain ada dua sumber air baku PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong yang mulai mengering, sumber air baku lainnya mengalami penyusutan debit yang cukup drastis.\"Yang lainnya meskipun masih ada air, namun debitnya mengalami penurunan yang cukup signifikan,\" aku Orin.

Akibat berkurangnya debit sumber air baku PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong tersebut, maka menurut Orin berdampak pada pendistribusian air ke rumah pelanggan-pelanggan khususnya di Kota Curup dengan sistem giliran. Bahkan menurut Orin karena debit air yang menurun ada beberapa daerah yang tidak bisa dijangkau melalui saluran pipa PDAM terpaksa mereka drop menggunakan mobil tangki

Beberapa daerah yang tidak bisa dijangkau dan harus didrop dengan mobil tangki tersebut antara lain daerah Desa Tasikmalaya Kecamatan Curup Utara, Kemudian Perumahan yang ada di Jalan Sapta Marga Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan dan beberapa titik lainnya. Dengan adanya pendistribusian menggunakan mobil tangki tersebut maka menurut Orin para pelanggan PDAM masih bisa menikmati air bersih dari PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong.

\"Karena pendistribusian air menggunakan tangki adalah konpensasi dari aliran air yang tidak sampai, sehingga kami gratiskan,\" sampai Orin.

Menurut Orin, pihaknya akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi pelanggan PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong yang saat ini sudah mencapai 13.058 sambungan.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: