Lampu Hama Tak Berfungsi

Lampu Hama Tak Berfungsi

\"1.bantuanTABA PENANJUNG, BE - Lampu Perangkap (Light Trap), yang berfungsi sebagai monitoring dan sekaligus sebagai pengendali serangga pada tanaman padi di areal persawahan Kelurahan Taba Penanjung sudah tidak berfungsi lagi. Padahal,  bantuan dari Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Keluatan (BP4K) Kabupaten Benteng program bantuan tahun 2013 itu, baru saja dipasang sekitar bulan Januari lalu.

Namun, kini sudah tidak bisa lagi digunakan oleh petani. \"Lampu perangkap hama itu, baru dipasang disawah ini sekitar pertengahan bulan Januari 2012 lalu, tetapi kini nampaknya lampu itu tak berfungsi lagi,\" ujar Sofian, Ketua Kelompok Tani Serasan Kecamatan Taba Penanjung,kemarin.

Perangkap hama itu, sudah terlihat tidak berfungsi lagi saat beberapa hari setelah dipasang dilahan persawahan tersebut. Lampu perangkap hama itu hanya bertahan hidup selama 3 hari saja. Pada hari keempatnya mati atau tak berfungsi lagi.  Para petani sudah melaporkan kerusakan itu  kepada  petugas pengendalian hama dari BP4K Benteng, yang memasang lampu perangkap tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada tanda - tanda akan diperbaiki.

\"Padahal lampu perangkap itu sangat bermanfaat bagi para petani. Karena dengan hadirnya lampu ini dapat membantu mengurangi OPT(Organisme pengganggu tananan) atau hama serangga terutama yang mengganggu tanaman padi,\" jelasnya.

Sementara itu, ketika hal ini akan dikonfirmasikan kepada Kepala BP4K Dra Yulia Farida, yang bersangkutan tak berada ditempat. Begitu juga Kabid yang membidangi masalah ini, sedang dinas luar, sehingga, kejelasan terkait bantuan tersebut belum berhasil didapati. (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: