Kapolres: Jangan Rayu Petugas

Kapolres: Jangan Rayu Petugas

CURUP, Bengkulu Ekspress - Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika SIK mengingatkan para pelanggar lalu lintas untuk tidak merayu petugas yang tengah melakukan operasi Patuh Nala 2019. Hal tersebut disampaikan Kapolres usai gelar pasukan Operasi Patuh Nala 2019 Polres Rejang Lebong yang dilaksanakan di Lapangan Pandawa Batalyon 144/Jaya Yuda Kamis (29/8) pagi.

\"Saya berpesan kepada masyarakat yang melanggar untuk tidak merayu petugas kami yang sedang bertugas, kalau memang melanggar ikuti prosedur yang berlaku,\" pesan Kapolres.

Terlebih lagi menurut Kapolres saat ini celah untuk oknum-oknum yang melakukan kecurangan sudah tidak ada lagi, karena saat ini sistem tilang sudah dilakukan secara elektronik maupun pembayarannya langsung dilakukan ke bank atau melalui sidang langsung di Pengadilan. \"Jadi nanti kepada pelanggar petugas hanya memberikan surat tilang kemudian untuk pembayaran bisa dilakukan langsung di bank atau di pengadilan,\" tegas Kapolres.

Kapolres juga menegaskan dalam Operasi Patuh Nala ini, petugas tidak akan memberikan imbauan kepada pelanggar melainkan langsung melakukan penindakan kepada para pelanggar lalu lintas. Dalam Operasi Patuh Nala 2019 ini, Kapolres mengaku jumlah personil yang dilibatkan sebanyak 250 orang yang kesemuanya merupakan personil dari Polres Rejang Lebong dan Polsek jajaran. \"Sasaran dari kegiatan ini adalah para pelanggar lalu lintas seperti tidak menggunakan helm, menggunakan lampu strobo, anak dibawah umur hingga penggunaan Hp saat berkendara,\" terang Kapolres.  

Di sisi lain, Kapolres mengungkapkan gelar pasukan Operasi Patuh Nala 2019 di Polres Rejang Lebong tahun ini sedikit berbeda yaitu dilaksanakan di Lapangan Pandawa yaitu di komplek markas Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha. Menurut Kapolres kegiatan tersebut merupakan pertama kali dilaksanakan yaitu kegiatan kepolisian yang dilaksanakan di markas TNI AD

Hal tersebut menurut Kapolres, tak lain untuk meningkatkan sinergitas TNI dan Polri yang selama ini sudah terjalin dengan baik. \"Kegiatan ini kita sengaja laksanakan di Batalyon, tak lain untuk meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri yang selama ini sudah berjalan dengan baik,\" sampai Kapolres.

Senada dengan yang disampaikan Kapolres Rejang Lebong, Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MPd yang hadir dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan para pengendara di Kabupaten Rejang Lebong yang melanggar untuk tidak menggoda polisi yang sedang bertugas.

\"Kepala masyarakat yang melanggar jangan sekali-kali menggoda petugas, namun ikuti aturan yang berlaku kemudian jangan diulangi lagi,\" pesan Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga menjelaskan keberadaan jalan raya pada prinsipnya bukan untuk tempat membunuh atau bunuh diri. Namun untuk memudahkan masyarakat, oleh karena itu agar tidak menjadi korban jiwa di jalan raya ia berpesan kepada masyarakat khususnya masyarakat Rejang Lebong untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku, seperti tidak memberikan kendaraaan kepada anak di bawah umur, menggunakan helm SNI, tidak menggunakan HP saat berkemudi dan masih banyak lagi.

Apel gelar pasukan Polres Rejang Lebong kemarin, selain diikuti oleh jajaran Polres Rejang Lebong juga diikuti oleh pasukan dari Kodim 0409/Rejang Lebong, Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha, Batalyon A Pelopor Brimob Polda Bengkulu, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan sejumlah pihak terkait lainnya.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: