Maju Lagi, 32 Kades Ajukan Cuti

Maju Lagi, 32 Kades Ajukan Cuti

\"\"

TAIS,Bengkulu Ekspress - Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dilaksanakan pada 7 November mendatang. Saat ini sejumlah kepala desa yang jabatannya belum habis, namun mau maju pilkades mulai mengajukan cuti. Hingga kemarin tercatat sebanyak 32 orang kades yang mengajukan cuti. Usulan cuti disampaikan ke Dinas Pemberdayaan Masyatakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Seluma.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PMD Seluma Saparudin MPd didampingi Kasi Pemerintahan Desa, Hasdi SE mengatakan, usulan untuk cuti paling lambat diterima Dinas PMD, kemarin, Senin (26/8). Dia menegaskan, sebanyak 31 orang kades SK cutinya sudah ditandatangani sekda Irihadi, serta sudah keluar. Sedangkan, SK cuti untuk seorang kades masih diproses oleh Dinas PMD Kabupaten Seluma.

\"Paling lambat kami terima usulan cutinya hari ini (kemarin). Karena akan kami proses SK cutinya,\" kata Hasdi.

Hasdi mengatakan, SK cuti ini diproses sebelum penetapan calon pada 31 Agustus ini sehingga kades yang masih menjabat namun maju pilkades sudah mengajukan cuti. \"Sebanyak 32 orang ini kades yang jabatannya belum berakhir. Kemudian yang bersangkutan masih akan maju pada Pilkades serentak November ini,\" tegasnya.

Sementara itu jumlah calon kades yang akan maju sendiri baru bisa diketahui pada 31 Agustus ini. Setelah dilakukan penetapan oleh Dinas PMD Seluma. Barulah bisa diketahui berapa jumlah calon yang akan maju pada Pilkades Serentak November nanti. Sebanyak 32 orang kades yang jabatannya belum habis ini cuti mulai dari penetapan calon sampai adanya calon kades terpilih.

Selain 32 orang kades aktif yang cuti sementata karena mereka maju lagi. Hasdi mengatakan, sebanyak 26 orang anggota BPD mengundurkan diri. Mereka mengundurkan diri dan SK pengunduran diri ditanda tangani Bupati Seluma. Lantaran mereka juga meramaikan bursa pilkades serentak.

\"Juga ada 26 orang anggota BPD yang mengajukan pengunduran dirinya, karena mereka juga akan maju,\" tegasnya lagi.

Hasdi mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak ini seluruh panitia di desa harus berlaku adil, serta dilarang memihak ke salah satu calon. Agar pilkades serentak berjalan dengan baik, serta tanpa kendala di lapangan nantinya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: