Mukomuko Bebas Kaki Gajah

Mukomuko Bebas Kaki Gajah

\"\"

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Desriani SH dikonfirmasi BE, kemarin (19/8) menyampaikan, Kabupaten Mukomuko saat ini terbebas dari penyakit kaki gajah. Hal tersebut diketahui, setelah tim dari pemerintah pusat melakukan penilaian secara rutin yang dilakukan satu tahun sekali.

“Penilaian asesmen sudah selesai dan Kabupaten Mukomuko diklaim bebas dari penyakit kaki gajah,”katanya.

Kendati demikian, kata Desriani, pihaknya belum dapat menjamin seratus persen, karena penilaian baru tas kedua. “Masih ada tas ketiga lagi yang akan dilakukan tahun 2020 mendatang,” bebernya.

Terbebasnya dari penyakit kaki gajah di daerah ini, tidak lepas dari peran aktif seluruh lapisan masyarakat yang membudayakan hidup bersih. Sehingga sarang nyamuk velariasis dapat dibasmi dan tidak sampai menggigit manusia.

Ia juga mengatakan, sebelumnya ada beberapa daerah endemis velariasis. Salah satunya di Desa Pasar Sebelah, namun gencarnya penyuluhan dan upaya masyarakat membasmi sarang nyamuk.

“Sebelumnya ada warga yang mengidap kaki gajah dan mereka diberikan obat, hasilnya mereka sembuh. Beruntung, penyakit itu tidak sampai menular kepada warga lainnya. Karena pemerintah juga ikut serta memberikan bantuan obat kepada seluruh masyarakat yang ada di daerah ini. Harapan kami pada penilaian tas ketiga nanti, Kabupaten Mukomuko masih dinyatakan daerah bebas velariasis,” ucap Desriani.(900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: