Mantan Menko Perekonomian Puji Kinerja Gub Rohidin

Mantan Menko Perekonomian Puji Kinerja Gub Rohidin

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Prof Dorodjatun Kuntjoro - Jakti memberikan pujian atas capaian kinerja Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah dalam periode ini.

Pujian itu diberikan melalui surat yang ditulis langsung oleh Mantan Menko Perekonomian kabinet Gotong Royong semasa Presiden Megawati Soekarno Putri menjabat, kepada gubernur Bengkulu pada 1 Agustus lalu. Dalam surat, Dorodjatun mengatakan sudah banyak perkembangan yang terjadi di Provinsi Bengkulu. Mulai dari perkembangan pembangunan, wisata, infrastruktur dan ekonomi di Provinsi Bengkulu.

\"Saya ingin menyampaikan selamat dan rasa bangga saya, menyimak informasi-informasi tentang situasi-kondisi pembangunan Provinsi Bengkulu saat ini dibawah kepemimpinan saudara Gubernur,\" ujar Dorodjatun.

Dijelaskannya, kemajuan itu dilihat dari Pelabuhan Pulau Baai yang sudah maju secara pesat. Dirinya teringat pada tahun 1971 saat bekerja sebagai staf Menteri Negara Riset, Prof Dr Sumitro Djojohadikusumo dan ditugaskan untuk menyiapkan laporan tentang rencana pembangunan Pelabuhan Baai. Kondisi saat itu belum maju seperti saat ini. \"Saya melihat foto satelit Perancis tentang lokasi tersebut dan situasi-kondisi di wilayah tersebut, saya sampalkan bahwa pelabuhan ini akan diganggu oleh masalah \"siltage\" yang berat. Biaya pengoperasiannya akan mahal,\" tuturnya.

Tidak hanya itu, infrastruktur jalan dari Bengkulu ke Sumatera Barat dan Sumatera selatan juga memperhatinkan. Namun saat ini kondisi jalan itu sudah mulai baik dan lancar dilalui kendaraan. Baik umum, penumpang maupun barang sekalipun. \"Sangat payah kondisinya, ketika saya khusus melakukan perjalanan darat dari Bengkulu, Kepahiang, Curup hingga Lubuk Linggau saat musim hujan,\" tambah Dorodjatun.

Begitupun kondisi di Bandara Padang Kemiling yang saat ini bernama Bandara Fatmawati Soekarno itu, kondisinya juga sangat memperhatinkan. Bahkan saat itu hanya disinggahi oleh maskapai Twin Otter dari Merpati, kondisi listrik juga sering padam. \"Suatu kenangan yang lndah adalah ke Danau Tes, dan berpetualang dengan jip dari Pantai Putri Gading Cempaka,\" ungkapnya.

Bahkan ketika Dorodjatun menjabat sebagai Menko Perekonomian, dirinya juga pernah datang ke Bengkulu dan memberikan kuliah umum di Universitas Bengkulu. \"Terakhir saya ke sebuah acara dan menginap di hotel di muka Samudera Hindia. Bukan main pula perkembangan kota ini. Istri saya, Emiwaty, yang putri minang dan Mungka/Payakumbuh, sangat \"jatuh hati\" pada kota ini,\" terang Dorodjatun.

Sementara itu, atas diterimanya surat tersebut, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah melalui Asisten I Setdaprov Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi mengatakan, surat yang diberikan oleh Mantan Menko Perekonomian itu tentunya menjadi motifasi dan masukan gubernur untuk tetap fokus dalam menjalankan program prioritas yang sudah digagas selama ini.

\"Pak Gubernur selalu komitmen untuk tetap fokus menjalankan program yang sudah dibakukan. Tidak lain untuk membuat kemajuan Bengkulu,\" terang Hamka.

Menurutnya, beberapa upaya yang sudah dilakukan gubernur saat ini seperti membuat kawasan ekonomi khusus (KEK) di wilayah Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, percepatan pembangunan jalan tol Bengkulu- Lubuk Linggau serta kereta api Bengkulu-Muara Enim, pengembangan Bandara Fatmawati yang dikelola oleh PT Angkasa Pura (AP) II, serta pembangunan jalan untuk mempermudah akses dari Bengkulu ke Provinsi tetangga. Sehingga ketersioliran Bengkulu bisa terbuka luas, dengan demikian ekonomi Bengkulu bisa berkembang secara pesat. \"Tentu upaya ini harus didukung oleh semua pihak. Agar semua program besar itu bisa direalisasikan dengan baik,\" tutupnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: