Napi Didominasi Kasus Narkoba

Napi Didominasi Kasus Narkoba

\"\"CURUP, Bengkulu Ekspress- Warga binaan atau Narapidana (Napi) di Lapas Kelas IIA Curup didominasi oleh Napi kasus Narkoba. Bahkan dari lebih dari 50 persen warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIA Curup adalah yang terlibat kasus Narkoba.

\"Untuk saat ini dari 660 orang warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIA Curup ini, lebih dari 50 persennya adalah warga binaan kasus Narkoba,\" sampai Plt Kepala Lapas Kelas IIA Curup, Hari Winarca.

Disisi lain, Hari mengaku saat ini Lapas Kelas IIA Curup sudah benar-benar over kapasitas bahkan lebih dari dua kali lipat dari kapasitas yang dimiliki oleh Lapas Kelas IIA Curup. Karena menurut Hari kapasitas dari Lapas Kelas IIA Curup adalah 250 orang, namun yang ada saat ini mencapai 660 orang.\"masalah over kapasitas ini sudah lama terjadi dan masalah seperti ini bukan hanya terjadi di Lapas Kelas IIA Curup namun hampir merata di seluruh Lapas,\" paparnya.

Dalam mengantasi masalah over kapasitas Lapas ini sendiri, Hari mengaku Kementerian Hukum dan HAM terus berupaya melakukan penambahan Lapas. Khusus untuk Bengkulu sendiri, menurut Hari Kemenkum HAM berencana membangun Lapas khusus Narkotika yang rencananya akan dibangun di Kabupaten Bengkulu Tengah.

\"Kanwil Kemenkum HAM Bengkulu sudah menyiapkan tanah di daerah Bengkulu Tengah untuk dibangun Lapas khusus Narkotika,\" paparnya.

Hari berharap pembangunan Lapas khusus Narkotika di Kabupaten Bengkulu Tengah tersebut bisa segera terealisasi, sehingga menurutnya bisa mengurangi masalah over kapasitas khususnya yang terjadi di Lapas Kelas IIA Curup yang didominasi oleh kasus Narkoba tersebut.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: