Kurban Pemkab Belum Cukup Seekor Sapi

Kurban Pemkab Belum Cukup Seekor Sapi

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Hingga batas akhir penyampaian dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD jumlah kurban untuk Idul Adha 1440 hijriah, kemarin (6/8). Diketahui belum ada mencapai 1 ekor sapi, karena baru 5 bagian dari Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong yang menyatakan akan berkurban dan bisa dikatakan baru 5 tiang dari minimal 7 tiang untuk bisa berkurban 1 ekor sapi.

Adapun 5 Bagian dari total 9 Bagian di Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong yang telah melapor untuk berkurban masing-masing 1 tiang (1 tiang Rp 2,2 juta) yaitu Kesejahteraan Sosial (Kesos) 1 tiang atas nama Kepala Bagian (Kabag), Fabil Sag MPdi. Kemudian Feri Kabag Pemerintahan, Elsi Fera Kabag Ortala, Drs Syabahul Adha. Kabag Hukum, Riki Irawan SSos MSi Kabag Keperotokolan.

Dikatakan Kabag Kesos Setkab Lebong yang juga sebagai panita pelaksanaan kurban, Fabil SAg SPdi mengatakan, bahwa memang dari surat pemberitahuan kepada masing-masing OPD, untuk melaporkan jumlah qurban paling akhir, kemarin (05/08).

“Namun yang melapor baru 5 tiang yang melapor dan semuanya dari Kabag yang ada di Setkab Lebong,” jelasnya, kemarin (05/08).

Sementara untuk OPD, saat ini belum ada satupun yang menyatakan siap akan melaksanakan kurban. Hal ini diketahui setelah dirinya meminta kepada para pegawai di bagian Kesos untuk mengunjungi 1 per satu OPD mempertanyakan jumlah kurban yang akan dilakukan OPD.“Saya minta pegawai setiap hari datang ke masing-masing OPD, namun haslinya belum ada yang akan berkurban,” sampainya.

Untuk itulah, pada hari Rabu (07/08) nanti kembali akan dilaksanakan rapat bersama OPD, untuk mempertanyakan masalah atau kendala kenapa belum ada yang melapor. Sehingga mendapatkan kepastian apakah ada yang berkurban atau tidak.“Nanti rapat kemungkinan akan dipimpin langsung oleh bapak Bupati atau bapak Sekda,” sampainya.

Ditambahkan Fabil, untuk tahun 2018 yang lalu Pemkab Lebong memotong sebanyak 11 ekor sapi yang merupakan sumbangan dari beberapa OPD. Sementara untuk tahun 2019 ini dirinya belum bisa memastikan, apakah kurban Pemkab Lebong akan bertambah atau akan berkurang.“Nanti hari Rabu (besok) kita akan menanyakannya kepada masing-masing OPD,” tutur Fabil.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: