Cek 15 Warga Dikabarkan Kanker

Cek 15 Warga Dikabarkan Kanker

\"\"TAIS, Bengkulu Ekspress - Setelah 15 orang warga Desa Rawah Indah Kecamatan Ilir Talo dikabarkan mengidap penyakit kangker payu dara. Dinas Kesehatan bersama BPJS kesehatan Kabupaten Seluma, kemarin (5/8), melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa Rawah Indah untuk mengetahui kepastian informasi tersebut, agar para warga terkena penyakit payudara tersebut mendapatkan penanganan khusus kedepannya.

Kepala Dinas Kesehatan Rudi Syawaludin SSos melalui Kasi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Reza Ade Putri SST mengatakan, hal tersebut belum dipastikan secara medis, karena hanya berdasarkan pengamatan perangkat desa saja.\"Itu belum dipastikan secara medis hasil pendataan perangkat desa,\" kata Reza kepada Bengkulu Ekspress.

Informasi tersebut belum bisa dipastikan mengingat belum dilakukan pemeriksaan secara medis. Untuk itu, Dinas dan Puskesmas kembali mendatangi desa untuk menindak lanjuti hal tersebut.\"Petugas Puskesmas akan mendatangi warga yang disebut kanker itu, karena selama ini belum ada yang datang memeriksakan kanker/tumor,\" jelasnya.

Menurutnya, seseorang dinyatakan kanker itu harus melalui pemeriksaan klinis lengkap. Bukan hanya berdasarkan pemeriksaan dengan kasat mata atau kira-kira. Kedepan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Penago 2 mendatangi langsung 15 orang warga tersebut dan juga dilakukan sanitasi lingkungannya oleh bagian Kesling Dinkes dan Puskesmas Penago 2.

\"Kemarin itu yang melakukan pendataan itu hanya sekdes dan perangkat desa. Mereka baru menduga, belum bisa dikatakan kanker,\" terusnya.

Menurutnya, berdasarkan dari 15 orang data sebelumnya, pemerintah desa hanya bisa menunjukkan 14 data saja. Dari 14 warga itu diperkirakan 7 orang terkena kanker, namun pihak Dinkes masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut.\"Kami mau memastikan dulu. Jadi tim PKM meneceknya, karena selama ini belum ada pemeriksaan diri pasien ke Puskesmas,\" katanya.

Sebelumnya, sebanyak 15 orang warga Desa Rawah Indah Kecamatan Ilir Talo, diduga menderita penyakit kanker payudara. Penyakit kangker payudara menjadi momok yang sangat ditakutkan bagi setiap wanita. Penyakit pembunuh nomor 1 di dunia ini telah banyak di derita oleh warga desa Rawa Indah, Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma. Hal ini di ketahui setelah beberapa waktu terakhir warga desa yang merasakan ciri-ciri khusus kanker payudara ditubuhnya.

Hanya saja, sejauh ini belum di ketahui penyebab pasti. Dugaan sementara akibat mengkonsumsi air minum. Setelah air minum yang di konsumsi warga tersebut merupakan air dari sumur masing-masing warga. Diduga juga air minum tersebut sudah mengandung mercuri, mengingat kawasan desa ini dahulunya merupakan rawa. \"Terkait dengan informasi hubungannya dengan air bersih di sana. Tim kesehatan lingkungan Dinkes melalui Puskesmas Penago 2 akan melakukan survei,\" tutup Reza.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: