Berharap Dukungan Investor

Berharap Dukungan Investor

\"\"BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Kaur diharapkan tidak hanya datang dari pemerintah saja, dan harus melibatkan para pihak, baik pemangku kebijakan maupun pihak yang berkepentingan dengan kepariwisataan yang ada. Hal itu ditegaskan Wabup Kaur, Hj Yulis Suti Sutri belum lama.

“Untuk pengembangan wisata tidak bisa hanya pada pemerintah saja, melainkan harus didukung terutama oleh masyarakat dan yang berkaitan dengan pariwisata itu sendiri,” kata Wabup Kaur Hj Yulis Suti Sutri, beberapa hari lalu.

Dikatakannya, untuk mengembangkan sebuah destinasi wisata kata Wabup kadang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena berkaitan dengan upaya untuk pengembangan infrastruktur, akses dan fasilitas serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan. Wabup memberikan contoh pengembangan wisata Danau Kembar di Kecamatan Maje.

Saat ini memang memerlukan dukungan penuh dari berbagai pihak. Memperbaiki akses dan juga kebutuhan lain diobjek wisata itu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sebab ini berimbas pada rendahnya tingkat kunjungan wisata bila tak diperbaiki secepatnya.

“Kita akan upayakan untuk bersinergi dengan pihak lain, mungkin ada solusinya termasuk tidak tertutup kemungkinan perlunya pengelolaan wisata melibatkan peran dari BUMD, koperasi dan lain-lain,” terangnya.

Ditambahkannya, kondisi yang sama juga terjadi untuk pengembangan destinasi wisata lain di Kabupaten Kaur. Keterbatasan berupa akses jalan dan lingkungan membuat pengembangan wisata masih belum berkembang signifikan.

“Harapan kita ada investor yang tertarik untuk mengembangkan wisata di daerah, pemkab tentunya akan memberikan dukungan. Karena sangat mustahil pariwisata bisa berkembang jika tidak disertai dengan perbaikan infrastruktur,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: