PPL Jangan Malas

PPL Jangan Malas

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Kinerja Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di Kabupaten Kaur semakin berat. Hal ini menyusul dengan beberapa PPL sudah berakhir masa tugasnya, sehingga jumlah PPL terus berkurang dan tinggal menyisakan sebanyak 93 orang lagi. Menyikapi hal ini, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Kaur, kemarin (5/8) memanggil sejumlah PPL untuk dilakukan evaluasi kinerja dan juga memberikan arahan arahan.

“PPL ini kita ingatkan mengenai tugas masing- masing, belum lagi ada yang pensiun artinya ada desa yang bakal belum ada penyuluh,” kata Kepala Dispertan Kaur, Nasrur Rahman MSi, kemarin (5/8).

Dikatakan Nasrul, ia meminta kepada setiap PPL untuk menyampaikan laporan dan mengajak para petani untuk melakukan penggarapan sawah khusus sawah yang punya irigasi. Karena ditargetkan pertengahan Agustus 2019 seluruh hamparan sawah irigasi sudah memasuki musim tanam padi. Ia juga menegaskan, PPL diminta untuk melakukan pendataan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kabupaten Kaur.

“Lahan di Kabupaten Kaur ini masih banyak yang kosong ajak KWT untuk memanfaatkannya menggarap lahan yang kosong itu menjadi bermanfaat tentunya dengan menanam berbagai sayuran dan buah-buahan,” terangnya.

Ditambahkannya, berdasarkan laporan yang diterima oleh tim yang sudah turun ke lapangan beberapa hamparan sawah juga saat ini sudah selesai penggarapan lahan diantaranya hamparan sawah Padang Guci Hulu, Kinal, Luas, Kelam Tengah dan Muara Sahung. Lima kelompok hamparan sawah ini di Pertengahan Agustus sudah melakukan penggarapan sawah dan secepatnya mamasuki musim tanam sehingga peran PPL dibantu Petugas Pertanian Kecamatan (PPK) tentu sangat diharapkan oleh petani.

“Petani dalam menggarap lahan itu tak lepas dari kinerja PPL di wilayah kerjanya, jadi kalau petani berhasil berarti PPLnya juga ikut berhasil, apa lagi ini sudah mulai musim tanam,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: