43 Ribu Anak Diberi Obat Cacing

43 Ribu Anak Diberi Obat Cacing

TAIS, Bengkulu Ekspress - Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma dalam waktu dekat ini memberikan obat cacing kepada 43 ribu warga sasaran cacingan. Pemberian obat kecacingan ini nantinya dilakukan melalui sekolah. Dengan melibatkan petugas dari Puskesmas langsung.  Kepala Dinas Kesehatan Rudi Syawaludin SSos melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ahmad Tavip Sip mengatakan, pemberian obat cacing langsung dikoordinir petugas dari Puskesmas masing-masing. Dinkes sendiri bekerjasama dengan dinas pendidikan untuk memberikan obat kepada pelajar di sekolah tingkat SD dan SMP.

\"Nanti petugas Puskesmas mendatangi sekolah. Kemudian, guru memberikan pengarahan. Pemebrian obat itu langsung diberikan kepada pelajar di depan petugas Puskesmas,\" kata Tavip kepada Bengkulu Ekspress kemarin (24/7).

Pemberian obat cacing ini dalam rangka mencegah stunting pada anak. Karena salah satu penyebab stunting ini cacingan. \"Salah satu penyebab stunting itu karena kecacingan sehingga tingkat kecerdasan anak kurang,\" jelasnya. Obat cacing diberikan pada anak usia 2 hingga 15 tahun. Petugas dari Puskesmas nantinya memberikan obat tersebut melalui Posyadu untuk anak diusia PAUD dan belum masuk sekolah. Sedangkan, untuk usia sekolah diberikan melewati sekolah masing-masing.\"Kalau yang belum sekolah nanti diberikan lewat posyandu dan ibu PKK,\" terusnya.

Obat cacing diberikan dua tablet untuk masing-masing anak. Total obat cacing yang dibagikan nanti dikali dua dari jumlah sasaran sebanyak 43 ribu. Dalam waktu dekat ini obat cacing dibagikan pada seluruh Puskesmas, setelah itu dibagikan kepada seluruh sasaran.  \"Sekarang masih disiapkan, dalam waktu dekat ini akan diberikan ke seluruh Puskesmas,\" tandasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: