Pemetaan TMP Butuh Rp 1,5 M

Pemetaan TMP Butuh Rp 1,5 M

SELUMA BARAT, Bengkulu Ekspress - Keberadaan Taman Makam Pahlawan (TMP) di kawasan Talang Dantuk belum bisa dimanfaatkan. Disebabkan, belum adanya pemetaan lahan untuk makam sejumlah pahlawan yang hendak di makamkan. Setidaknya dibutuhkan anggaran Rp 1,5 miliar untuk pekerjaan pemetaan dan pemagarannya.

\"Tahun ini tidak ada anggaran dalam APBD Perubahan. Jadi kita usulkan sebesar Rp 1,5 M,\" ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Ir Titik Sumila kepada Bengkulu Ekspress.

Sekalipun lokasi lokasi TMP sudah selesai, namun pada pemetaan lokasi untuk pemakaman belumlah selesai dengan luas 4 hektar. Begitu juga pada gerbang dan pagar dari TMP itu sendiri. Lokasi TMP ini berada di pinggir jalan raya, serta berada di kawasan perkebunan warga. Diperlukan pemagaran dan pemetaan dari lokasi makam itu. \"Jika tidak ada pemetaan bagaimana memakamkan pahlawan. Kita juga merencanakan pemindahan makam pahlawan yang sudah di makamkan di luar daerah seluma ke TMP ini,\" bebernya.

Wacana pemindahan makam pahlawan ke lokasi TMP Seluma, sudah cukup lama. Untuk itu, harus mendapatkan restu dari keluarga atau ahli waris. Begitu juga dalam mendata pahlawan asal kabupaten Seluma yang sudah dimakamkan pada TMP luar Kabupaten Seluma. Termasuk harus ada perundingan antara seluruh pihak agar bisa berjalan dengan maksimal.

\"Jelas pahlawan yang hendak di makamkan ada aturan dan penempatannya. Jadi tidak asal-asalan,\" imbuhnya. Diketahui, pada 2017 dan 2018, Pemerintah Kabupaten Seluma, sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan. Mulai dari pemerataan lokasi TMP hingga pembangunan. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: