Kemarau, Damkar Tingkatkan Skill

Kemarau, Damkar Tingkatkan Skill

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan para personil pemadam kebakaran di musim kemarau, kemarin (24/7) puluhan personel anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Dinas Satpol PP Linmas dan Damkar Kabupaten Kaur mengikuti pelatihan skill (kemampuan) rutin yang digelar di lapangan Merdeka Kota Bintuhan.

“Kegiatan simulasi ini merupakan latihan skill rutin bagi anggota jajaran Damkar Kaur dan ini agar selalu ada dalam kewaspadaan penuh,” kata Kabid Damkar, Satpol PP Linmas dan Damkar Kaur, Elpi Sopyan SSos, kemarin.

Dikatakannya, dalam pelatihan ini meliputi berapa kategori yang harus dimiliki oleh setiap anggota Damkar, yakni cepat, tanggap. Dimana dalam penggunaan alat utama, kendaraan pancar, tangga lipat, dan tali temali, serta alat safety evakuasi korban, digunakan dalam pelatihan agar anggota familier dengan alat-alat tersebut. Dimana anggota Damkar juga mendapat penekanan dalam latihan, saat pertama kali, mendapat panggilan darurat, atau laporan kejadian, serta alur komando yang harus dipatuhi saat insiden terjadi.

“Di sini intinya jangan sampai terjadi jajaran bingung saat harus bergerak cepat melakukan pemadaman. Sementara kinerja pemadaman berpacu dengan waktu,” terangnya.

Lanjut Elpi, selain melalukan pelatihan anggota Damkar, juga pihaknya melalukan sosialisasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ke pada jajaran Puskemas di wilayah Kabupaten Kaur. Hal ini dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran. Dimana Apar merupakanh alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil.

“Pelatihan APAR ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pegawai Puskemas tentang fungsi APAR da juga melatih para pegawai agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam menghadapi musim kemarau bulan Juli ini masyarakat Kabupaten Kaur selalu dihimbau untuk hati hati terhadap material yang bisa menimbulkan api, berbagai material yang mudah terbakar yakni, kayu, rumput atau ilalang, dan kabel listrik akan sangat berpotensi memercik kan api dalam cuaca yang sangat panas seperti sekarang ini.  “Menghadapi musim kemarau ini kita minta kepada masyarakat jika meninggalkan rumah pastikan rumah benar-benar aman, dan selalu waspada terhadap material yang bisa menimbulkan kebakaran,” imbaunya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: