Kemendikbud Apreasiasi Latdastar SMKN 3 Rejang Lebong

Kemendikbud Apreasiasi Latdastar SMKN 3 Rejang Lebong

CURUP, Bengkulu Ekspress- Kegiatan Latihan Dasar Ketarunaan (Latdastar) yang dilaksanakan SMKN 3 Rejang Lebong setiap awal tahun ajaran mendapat apreasiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal tersebut karena kegiatan tersebut dinilai mampu menutupi kekurangan khususnya dalam kedisiplinan lulusan SMK saat masuk dunia kerja maupun industri.

\"Kegiatan ini sangat baik untuk mendorng anak-anak kita belajar disiplin dan bertanggugjawab,\" sampai Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud RI, Dr Ir M Bakrun MM saat membuka kegiatan Latdastar angkatan VI SMKN 3 Rejang Lebong di Batalyon 144/Jaya Yudha Senin (22/7) pagi kemarin.

Menurut Bakrun, selain mendidik para siswa SMK untuk disiplin dan bertanggungjawab, kegiatan Latdastar juga meningkatkan wawasan kebangsaan bagi pelajar SMK. Sehingga menunrutnya saat lulus dari SMK nanti, lulusan SMK bisa sesuai dengan diharapkan dalam dunia usaha maupun dunia industri.

Dalam kesempatan tersebut, Bakrun juga mengungkapkan selama ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sering mendapatkan keluhan dari dunia usaha atau dunia industri terkait dengan anak-anak lulusan SMK. Dimana menurutnya, meskipun secara kompetensi anak-anak lulusan SMK sudah relatif bagus, hanya saja dari segi karakter masih kurang seperti kurang disiplin dan kurang tangguh. Maka salah satu solusi dari keluhan para pelaku usaha dan industri tersebut yaitu dengan membentuk karakter lulusan SMK melalui kegiatan ketarunaan seperti yang dilaksanakan SMKN 3 Rejang Lebong tersebut.\"Pengembangan pendidikan karakter merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk menjawab atas keluhan para pelaku usaha maupun industri,\" tambah.

Kemudian untuk SMKN 3 Rejang Lebong yang menurutnya sudah masuk tahun keenam, terus mereka lakukan peningkatan yaitu dengan menambahkan beberapa materi baru seperti kontrak belajar dan kewirausahaan.Sementera itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs Budiman Ismaun MPd menyampaikan kegiatan ketarunaan untuk melatih karakter siswa khususnya tingkat SMA dan SMK di Provinsi Bengkulu akan terus mereka galakkan. Latihan ketarunaan tersebut, menurut Budiman terutama untuk SMK yang ditengah-tengah masyarakat dikenal dengan pelajar yang sedikit lebih nakal dengan pelajar SMA.

\"Karena latihan ketarunaan ini sangat penting untuk membentuk karakter maka kita akan wajibkan dilaksanakan diseluru SMA dan SMK terutama di SMK yang ada di Provinsi Bengkulu ini,\" sampai Budiman.

Di sisi lain, Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman MPd mengungkapkan kegiatan Latdastar angkatan VI SMKN 3 Rejang Lebong tersebut akan dilaksanakan sampai tanggal 9 September mendatang dimana kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha dan di SMKN 3 Rejang Lebong.\"Kegiatan ini diikuti oleh 464 orang perserta yang terdiri dari pelajar Kelas X sebanyak 204 orang, kelas XI seabnyak 120 orang dan kelas XII sebanyak 140 orang,\" sampai Asep.

Sementara itu, untuk materi yang disampaikan sendiri ada 14 materi mulai dari peraturan baris berbaris, wawascan kebangsaan, tata cara upacara bendera dan penghormatan, manajemen qolbu dan peningkatan kecerdasaran emosional dan kecerdasaran spritual, bekekerjaan dan kewirausahaan, pencerahan orientasi tamana SMK ghingga budi pekerti dan penumbuhan rasa patuh aturan tata tertib sekolah.\"Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menunjang tumbuhnya karakter kerja tamatan SMK,\" harap Asep.

Kegiatan pembukaan Latdastar angkatan SMKN 3 Rejang Lebong kemarin juga dihadiri oleh Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM, jajaran Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, para orang tua siswa dan sejumlah tamu undangan lainnya.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: