Produksi Kacang Hijau Meningkat

Produksi Kacang Hijau Meningkat

TABA PENANJUNG, BE -  Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Benteng telah berhasil mendongkrak  produksi kacang hijau di daerah ini. Hanya saja kacang hijau Benteng masih dipasarkan di pasar lokal dan belum mampu menembus pasar yang lebih besar.

Dikatakan Kabid Pertanian Distanbunhut Benteng, Amirullah, pada tahun 2010 di lahan seluas 87 hektar Benteng hanya mampu memproduksi sebanyak 85 ton Kacang Hijau. Setelah melalui penyuluhan dan pendampingan secara intensif  pada petani kacang hijau, petani pun mampu memproduksi kacang hijau sebanyak 114,70 ton diatas luas lahan yang sama.

\"Kecuali Merigi Kelindang, semua kecamatan ada lahan Kacang Hijau. Terluas ada di Kecamatan Talang Empat dan Taba Penanjung. Terakhir di Kecamatan Taba Penanjung petani kita berhasil memproduksi 20,85 ton, kemudian kecamatan lainnya rata-rata berhasil memproduksi 13 ton,\" katanya.

Amirullah menambahkan, Distan terus mendorong dan mendampingi para petani supaya setiap tahunnya produksi Kacang Hijau di Benteng mengalami peningkatan. Dengan peningkatan ini diharapkan dapat menembus pasar nasional. Kedepan Benteng juga diharapkan menjadi daerah surplus kacang hijau, sehingga bisa menjadi sentra kacang hijau dan dapat mensuplay kebutuhan Kacang Hijau di Bengkulu maupun secara nasional. \"Apalagi saat ini sudah banyak yang mencari kacang hijau di Benteng untuk membeli langsung ke petani,\" pungkasnya.  (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: