Jelang Idul Adha, Waspada Curnak

Jelang Idul Adha, Waspada Curnak

\"\"CURUP, Bengkulu Ekspress - Para peternak di Kabupaten Rejang Lebong, diminta untuk waspada sehingga tidak menjadi korban pencurian ternak (Curnak). Terutama mendekati lebaran Idul Adha 1440 hijiriah atau lebaran kurban 2019 ini.Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika SIK melalui Kapolsek Curup Iptu Untoro SH mengungkapkan, potensi terjadinya Curnak saat ini tengah meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan ternak dan naiknya harga hewan ternak terutama sapi, kerbau dan kambing menjelang hari raya kurban.

\"Saat ini potensi untuk terjadinya curnak masih meningkat, oleh karena itu kami mengimbau kepada para pemilik ternak untuk selalu waspada agar tidak menjadi korban Curnak,\" sampai Iptu Untoro.

Menurut Untoro, imbauan bagi para peternak untuk selalu waspada tersebut ,selalu mereka sampaikan dalam berbagai kesempatan. Salah satunya saat ia melakukan safari Jumat di Masjid Al Hijaz di Desa Talang Lahat, Kecamatan Selupu Rejang, Jumat (19/7). Untuk mengantisipasi agar tidak menjadi korban Curnak, Iptu Untoro meminta kepada peternak, agar selalu mengawasi keberadaan ternaknya terutama untuk ternak yang digembalakan dengan cara melepasliarkan di kebun maupun padang rumbut yang ada.

\"Meskipun selama ini aman, namun kewaspadaan harus kita tingkatkan seperti kalau selama ini seharian dibiarkan lepas ditanah lapang, maka sekarang harus sering-sering dipantau,\" paparnya.

Begitu juga bila ternak sudah dikandang, terutama saat malam hari. Ia mengimbau para pemilik ternak untuk terus waspada. Menurut Kapolsek salah satu cara yang efektif untuk mencegah terjadinya curnak atau aksi pencurian lainnya dimalam hari. Ia mengimbau masyarakat untuk mengaktifkan kembali jaga atau ronda malam melalui Poskamling yang ada di sekitar tempat tinggal masing-masing.

\"Kami mengimbau warga untuk mengaktifkan kembali ronda malam, karena manfaatnya banyak sekali. Tak hanya mengantisipasi Curnak saja namun bisa mengantisipasi tidak kejahatan lainnya termasuk Curanmor,\" demikian Kapolsek.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: