Fungsikan Sarana Irigasi

Fungsikan Sarana Irigasi

\"KadesBagaimana mungkin dapat mendongkrak hasil padi yang maksimal, jika tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu sarana yang harus diperhatikan itu irigasi harus berfungsi dengan baik. Namun, di Desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat Kabupaten Benteng, irigasinya tidak difungsikan. Kondisi ini menggangu sistem pengairan persawahan di desa tersebut. Apalagi, jumlah penduduk didesa setempat berjumlah sekitar 1489 jiwa. Mayoritas  mereka bermata pencahrian sebagai petani sawah.

\"Penampungan air atau irigasi di desa kami sudah lama tidak difungsikan. Jadi bagaimana bisa mengairi persawahan warga itu,\" ucap Kades Air Sebakul, Awang Harodin, kemarin.

Oleh sebab itu, sambung Awang, ia berharap agar Pemkab Benteng melalui dinas terkait dapat kembali mengaktifkan irigasi tersebut. Pasalnya, areal persawahan di desa itu, luasnya mencapai 75 hektar lebih.

Awang menyatakan, sudah pernah melayangkan surat kepada pihak Dinas Pertanian, perkebunan dan kehutanan Benteng, untuk memfungsikan lahan tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada tanda - tanda irigasi itu difungsikan. \" Kami berharap dinas terkait dapat kembali memfungsikan irigasi yang sudah lama terbengkalai ini,\" tandasnya. (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: