Tagana Harus Cepat Tanggap

Tagana Harus Cepat Tanggap

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Taruna Siaga Bencana (Tagana) memiliki tugas dan tanggung jawab besar saat menangani bencana. Oleh karena itu, mereka pun diminta untuk cepat tanggap dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kaur, Nandar Munadi S Sos, kemarin (27/6).

\"Sebagai unsur yang terdekat dengan lokasi bencana, Tagana wajib hadir dilokasi paling lambat satu jam setelah bencana terjadi. Tagana juga harus cepat tanggap dalam melakukan perlindungan sosial terhadap korban bencana,” terangnya.

Dikatakan Sekda, selain tagana juga ia meminta kepada anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur juga selalu sigap dan cepat tanggap dalam mengantisipasi setiap terjadinya bencana termasuk banjir, longsor dan kebakaran diwilayah Kaur.Juga, para camat daerah setempat juga harus cepat tanggap dalam mengantisipasi dan menanggulangi, karena di daerah itu ada, camat, dan kepala desa yang terdepan dalam mengtahui setiap bencana yang terjadi.

“Kalau ada bencana yang terjadi segera tindak lanjuti, dan lapor langsung ke BPBD atau Tangana, dan setelah itu Dinas Sosial akan memberikan bantuan kepada korban,”terangnya.

Ditambahkan Sekda, jika terjadi kekuarangan peralatan bisa mengajukan ke pemerint pusat, dan juga bisa meminta bantuan dari pemerintah daerah. Juga ia meminta dalam kondisi tersebut ia mengharapkan agar seluruh pihak bekerjasama dan tidak ada yang menggunakan kesempatan untuk mengambil keuntungan pribadi.  “Kita minta perahu karet misalnya. Jangan hanya dibiarkan karatan di gudang. Tapi dalam seminggu sekali misalnya wajib dipanaskan, dan sampai tiba waktu digunakan malah tiak bisa,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: