Petani Kopi Diberi Pelatihan

Petani Kopi Diberi Pelatihan

CURUP, Bengkulu Ekspress - Guna meningkatkan produksi dan kualitas kopi yang dihasilkan petani kopi di Kabupaten Rejang Lebong. Sejumlah kelompak tani (Poktan) Kopi di Kabupaten Rejang Lebong diberi pelatihan. Pelatihan sendiri dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong bekerjasama dengan Balai Pelatihan Lampung. Kegiatan pelatihan sendiri dimulai Rabu (26/6).

\"Pelatihan bagi petani kopi ini kita laksanakan selama tiga hari kedepan,\" sampai Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong Taman SP usai membuka kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Balai Penyuluh Pertanian Kesambel Lama, Kecamatan Curup Timur, kemarin (26/6).

Dijelaskan taman, pelatihan yang diberikan tersebut. pelatihan teknis tematik terkait dengan budidaya kopi. Dalam pelatihan para petani kopi diajarkan cara bertani kopi yang baik, mulai dari pengolahan tanah, penanaman, panen hingga paska panen.

\"Kami berharap pelatihan ini bisa meningkatkan produksi dan kualitas kopi yang dihasilkan petani kopi di Rejang Lebong ini yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Rejang Lebong,\" harap Taman.

Dengan adanya pelatihan tersebut, menurut Taman, diharapkan kedepannya dengan meningkatnya produksi dan kualitas kopi asal Kabupaten Rejang Lebong tersebut, sehingga kopi dari Kabupaten Rejang Lebong bisa bersaing dipasaran regional, nasional dan internasional.

Lebih lanjut, Taman mejelaskan, kelompok tani yang mendapat pelatihan teknis tematik tersebut adalah kelompok tani yang berasal dari enam kecamatan sebagai penghasil kopi di Kabupaten Rejang Lebong seperti dari Kecamatan Sindang Kelingi dan Sindang Dataran.

\"Saya berharap peserta kegiatan ini bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai sehingga tujuan dari kegiatan ini benar-benar tercapai yaitu meningkatkan keahlian dan pengetahuan petani kita tentang bertanam kopi,\" demikian Taman.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: