Tiga Puskesmas Siap Lelang

Tiga Puskesmas Siap Lelang

TAIS, Bengkulu Ekspress - Pembangunan tiga unit puskesmas melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi sudah siap dilakukan pelelangan. Siapapun bisa mengajukan penawaran mengikuti lelang dan peserta terbuka untuk umum, asalkan memenuhi syarat.

“Seluruh berkas sudah selesai dan peserta lelang terbuka untuk umum. Ini dilakukan agar penyerapan anggran bisa cepat serta DAK masih ada waktu sebulan lagi. Jika tidak penyerapan DAK akan tertunda,” imbuh Kapala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa, Sekretariat Daerah (Setda) Seluma Almidian Saleh SKM ME kepada BE.

Disampaikan, tiga puskesmas tersebut, yakni Puskesmas Desa Gunung Kembang, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), Puskesmas Desa Renah Gajah Mati, Kecamatan Semidang Alas dan Puskesmas Perawatan Desa Kembang Mumpo, Kecamatan SAM.

Total anggaran untuk pembangunan tiga puskesmas ini sebesar Rp 13,5 miliar yang bersumber dari DAK Afirmasi Kemenkes, yang rinciannya untuk Puskesmas Desa Gunung Kembang, Rp 5 miliar, lalu Puskesmas Desa Renah Gajah Mati Rp 5 miliar dan Puskesmas Perawatan Kembang Mumpo sebesar Rp 3,5 miliar.\"Semua anggaran pembangunan tiga puskesmas tersebut bersumber dari DAK Afirmasi Kemenkes tahun 2019, yang diterima oleh Dinkes Seluma,\" jelas Almidian.

Lanjut Almidian, sesuai Surat Edaran (SE) Kemenkeu pelelangan untuk paket pekerjaan yang bersumber dari DAK harus sudah dilakukan sebelum 20 Juli mendatang. Pasalnya, jika tanggal tersebut, belum dilakukan lelang dan penanda tanganan kontrak kerja, maka tidak akan bisa lagi mengajukan pengusulan pencairan anggaran tersebut ke pusat.

\"Oleh karena itu kita kejar ini. Jangan sampai DAK yang telah disiapkan tersebut batal diterima, akibat telat melaksanakan lelang ini,\" kata Almidian.

Adapun OPD yang memiliki item pekerjaan bersumber dari DAK, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan dinas PUPR, serta Disperindagkop UKM. Berdasarkan data di website LPSE Setda Seluma, saat ini sudah tiga paket pekerjaan fisik lelang yang telah selesai lelang.

Tiga paket proyek fisik tersebut, yakni peningkatan jalan Pasar Tais ke Pasar Seluma dengan nilai kontrak Rp13,8 miliar lalu peningkatan jalan Talang Saling ke Rumah Dinas Ampar Gading dengan nilai kontrak Rp 4,66 miliar serta pembangunan prasarana Gedung Olahraga (GOR) dengan nilai kontrak Rp13,5 miliar.

\"Ketiga paket kegiatan ini telah tanda tangan kontrak, tinggal pelaksanaan pekerjaannya saja lagi. Segera menyusul tiga puskesmas ini, yang telah siap dilakukan pelelangan,\" sampainya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: