Kades Serbu Kantor BKD

Kades Serbu Kantor BKD

\"\"BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Setelah dikucurkannya Dana Desa (DD) 20 persen tahap awal, sejak Senin (24/6) hingga Rabu (26/6) kemarin, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur diserbu atau dipenuhi dengan para Kades dan perangkatnya untuk mengajukan pencairan tahap kedua atau 40 persen. Pasalnya, hingga dari 192 desa yang ada di Kabupaten Kaur lebih dari 80 desa sudah menyiapkan pengajuan pencairan tahap kedua. Sementara sisanya masih dalam proses persiapan pengajuan.

“Hari ini lumayan ramai mereka mempersiapkan pengajuan DD tahap kedua, bagi yang dokumennya sudah lengkap tentu kita tidak pernah mempersulit pengajuan,” kata Kepala BKD Kaur, Lawi Amrul MSi, kemarin (26/6).

Dikatakannya, dari total dana sebesar 146,4 miliar DD di Kabupaten Kaur 20 persen tahap awal atau sekitar Rp 30 miliar sudah dikucurkan. Sementara sisanya untuk tahap kedua ini sekitar Rp 58,4 miliar juga akan dikucurkan minggu ini. Namun mungkin untuk beberapa desa yang belum mengajukan permohonan atau belum menyelesaikan sejumlah dokumen maka belum akan mendapat kucuran DD tahap kedua.

“Syaratnya selain melampirkan bukti bayar pajak pada DD sebelumnya, juga membuat laporan pertanggung jawabannya, tanpa itu tentu kita tidak akan berikan SP2D atau surat perintah Pencairan Dana,” ujarnya

Ditambahkannya, saat ini terdapat 20 desa lebih sudah mengantri di BKD dilengkapi dengan bendahara dan juga membawa dokumen pencarian. Namun dari 192 desa itu sampai kemarin belum ada yang sudah pulang membawa bukti transper DD tahap kedua. BKD berharap para pemerintah desa kedepannya dapat lebih tertib administrasi, dimana dalam pengeluaran dana diminta jangan sekali kali membayarkan dana tanpa mengantongi kuitansi atau dokumen. Sehingga saat nantinya membuat laporan tidak menyulitkan.

“Ini jangan sampai terjadi menyerahkan uang tanpa bukti barang atau fisik yang dibayarkan, sehingga dapat memudahkan kita dalam membuat laporan,” tandas Lawi Amrul.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: