Pasang Spanduk Penggunaan DD

Pasang Spanduk Penggunaan DD

\"\"TAIS, Bengkulu Ekspress - Baru dikucurkannya alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) di seluruh desa di Kabupaten Seluma. Membuat Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Saparudin MPd, mengharapkan desa mengalokasikan sedikit anggaran untuk pembuatan spanduk pengumuman penggunaan DD) dan ADD)2019. Sebagai bentuk transparannya penggunaan anggaran.

“Kita meminta desa mulai dari pengelolaan DD dan ADD bisa transparan dengan membuat papan pengumuman dan spanduk di depan balai desa,” ujar Saparudin.

Dalam spanduk tersebut haruslah tercantum besaran alokasi pemasukan ke rekening desa dan pengeluaran untuk pembangunan, serta penggunaan untuk kepentingan pemberdayaan di desa tersebut. Transparansi yang dimaksud merincikan penggunaan anggaran 2018, serta juga tidak lupa untuk membeberkan rencana kerja ADD dan DD 2019. “Jadi anggaran 2018, harus diumumkan dan termasuk rencana anggaran 2019 ini, juga harus diumumkan dalam bentuk spanduk besar,” imbuhnya.

Dengan transparansi ini masyarakat desa bisa mengetahui keuangan dan terhindar dari buruk sangka yang berujung pada aksi protes. Bahkan tidak tertutup kemungkinan ke penegak hukum jika warga yang merasa tidak puas. Warga bisa mengetahui anggaran dan penggunaannya dan kecurigaan warga bisa dihindari. Setidaknya papan transparansi dan pengumuman ini di pasang di depan balai desa berukuran paling kecil 2 M x 2 M.

\'\'Untuk pembuatan pengumuman tersebut, PMD bakal menyurati seluruh kepala desa,” sampainya.

PMD juga mengharapkan seluruh desa bisa membuat laporan realisasi DD dan ADD yang sudah terealisasi pada pembangunan, serta penyerapan anggaran DD sudah sejauh mana. Dengan membuat laporan agar bisa di jadikan dasar untuk pencaiaran DD dan ADD tahap ke II. “Untuk DD dan ADD tahap ke II belum tidak lama lagi, namun tahap pertama juga harus di realisasikan terlebih dahulu,” ujarnya. (333).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: