30 Caleg PDIP Ikuti Psikotes

30 Caleg PDIP Ikuti Psikotes

\"PDIP\"TAIS, BE-Sebanyak 30 orang bakal calon legislatif (caleg) PDIP di Kabupaten Seluma dalam waktu dekat akan mengikuti psikotes. Tes tersebut dilakukan partai berlogo moncong putih itu untuk mengetahui karakter, intelegensi, dan kepekaan kadernya yang akan diusung pada pemilu 2014 mendatang.

“Dalam tes ini tidak ada yang lulus dan gagal. Hasil psikotes akan menjadi bahan evaluasi kami di internal partai terhadap bakal caleg yang ada,” ungkap Ketua DPC PDIP Seluma, Khairil Tuspadi SH.

Dijelaskannya, untuk bakal caleg di tingkat kota dan kabupaten hanya diwajibkan ikut tes psikologi. Sedangkan bagi bakal caleg tingkat provinsi, ada tes tambahan berupa wawancara. Terkait soal tes yang diberikan kepada peserta merupakan soal yang dibuat tim dari DPP PDIP. Dikatakan Khiaril, pihaknya mendatangkan ahli psikolog dari Jakarta dalam pelaksanaan tes tersebut.

“Para peserta diberi waktu enam  jam untuk menyelesaikan sekurangnya 600 soal. Soal yang diberikan merupakan esai, termasuk psikotes dengan soal-soal logika,” katanya menerangkan saat di temui di kediamannya di Desa Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat, kemarin (12/2).

Hasil tes nantinya, kata Khairil akan menjadi database bagi DPP PDIP. Apabila di kemudian hari, caleg tersebut terpilih lalu mendapat permasalahan, maka hasil dari tes tersebut akan dijadikan rujukan untuk memberikan solusi dan sanksi pada anggota dewan berangkutan. Selain itu, hasil psikotes juga akan dijadikan rujukan dalam memposisikan caleg yang terpilih untuk duduk di komisi dianggap cocok.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: