Kondisi Jembatan Gantung Memprihatinkan

Kondisi Jembatan Gantung Memprihatinkan

\"JembatanLAIS, BE - Keadaan jembatan gantung ada yang ada Desa Kalbang disebut warga sebagai jembatan maut. Pasalnya sekitar tahun 2006 lalu pernah menelan korban jiwa saat ada warga melintasi jembatan itu untuk menuju lokasi persawahan. Jembatan sepanjang 60 meter itu dibangun melalui  swadaya warga sejak tahun 1976.\"Memang cukup berbahaya, namun jembatan itu rute terdekat pergi ke sawah,\" kata Juhaina (40), salah seorang petani desa setempat.

Seperti layaknya di film petualangan, jembatan itu hanya membentang tali seling yang beralaskan papan dan bambu yang sudah lapuk. Jembatan itu hanya bisa dilalui pejalan kaki saja. Ironisnya jembatan yang berusia  37 tahun itu belum pernah tersentuh adanya perbaikan, terutama dari pemerintah daerah.\"Sudah puluhan tahun jembatan itu kami pergunakan,\" jelasnya.

Setiap harinya, sekitar 30 orang melintasi jembatan itu. Petani dan warga sekitar berharap jembatan itu diperbaiki secara layak. Hal ini untuk mencegah terjadinya musibah saat melintasi jembatan. Selain itu, jembatan itu bisa ditingkatkan kelasnya sehingga bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.\"Jika panen petani harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengangkut padi dengan menyewa ojek yang cukup mahal,\" pungkasnya.(117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: