Pastikan Rumah Aman Sebelum Mudik

Pastikan Rumah Aman Sebelum Mudik

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat SIK kembali mengingatkan kepada seluruh warga yang akan berlebaran di kampung halaman untuk memeriksa keamanan rumahnya masing-masing. Pastikan pintu dan jendela rumah sudah dalam keadaan terkunci. Sebab, rumah yang ditinggal pemiliknya dalam kondisi kosong kerap jadi sasaran pelaku kejahatan, seperti pencurian atau pembobolan rumah.

“Saya minta kepada warga sebelu mudik lebaran agar memastikan rumah ada dalam kondisi aman. Periksa juga kompor gas dan aliran listrik benar-benar aman,” kata Kapolres beberapa hari lalu.

Dikatakan Kapolres, pelaku kejahatan tidak memandang apapun, asalkan kosong rumah tersebut ditinggalkan oleh pemilik, maka kesempatan pelaku untuk mengambil isi rumah. Untuk itu ia mengingatkan kepada pemudik agar mengunci rumah dan memperhatikan segala hal penting yang dapat menimbulkan terjadinya tindak pencurian maupun kebakaran.

“Sebelum mudik cek dulu apakah pintu atau jendelanya sudah dikunci atau belum, ini agar pemudik lebih merasa aman saat mudik nantinya,” ingatnya

Ditambahkan perwira dengan dua melati dipundak ini, jangan lupa melapor ke tetangga terdekat di rumah dan pihak Kades atau RT/RW. Menurut dia, semua itu harus dilakukan sebelum warga meninggalkan rumahnya pergi mudik lebaran.

Sebab biasanya pelaku pencurian sering memanfaatkan waktu disaat rumah sedang kosong seperti lebaran ini. Juga hindari memancing aksi pencurian, juga jangan meletakan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan di dalam rumah yang ditinggalkan, sebaiknya uang disimpan di bank.  \"Titipkan rumah kepada tetangga terdekat, berikan pula nomor telepon genggam yang bisa dihubungi kepada Kades, karena rumah kosong sering menjadi sasaran pencuri,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: