MTQ Kabupaten Diminta Dievaluasi

MTQ Kabupaten Diminta Dievaluasi

TAIS, Bengkulu Ekspress - DPRD meminta Pemkab serta Kemenag Seluma untuk melakukan evalusi terhadap pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten yang baru saja di gelar di Kabupaten Seluma. Pasalnya, pelaksaaan MTQ yang digelar oleh penyelenggara dari Kemenag Seluma ini tidak ubahnya MTQ tingkat kecamatan. Terutama dari segi hadiah yang diterima oleh peserta MTQ beberapa waktu yang lalu.

Sehingga DPRD Seluma meminta agar pelaksanaannya dilakukan evaluasi. Kemudian bisa untuk memperbaiki kedepan ketika akan dilakukan kegiatan serupa di Kabupaten Seluma. Hal ini disampaikan oleh Waka II DPRD Seluma, Okti Fitriani SPd MSi kepada wartawan.

“Salah satu peserta yang juara untuk lomba tilawah juara pertama hanya mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 150 ribu. Ini sangat tidak manusiawi serta terlalu kecil uang pembinaan yang diberikannya,” tegas Okti.

Ditegaskannya, seharusnya uang pembinaan yang diberikan kepada peserta yang mendapatkan juara lebih besar, sehingga lebih bermanfaat. Jika memang sebelumnya panitia mengaku tidak siap, Okti mengatakan, siap menggunakan uang pribadinya untuk memberikan hadiah yang dianggap lebih pantas. Keluhan dari salah satu peserta tersebut justru sudah sampai ke Gubernur Bengkulu. Kemudian oleh Gubernur Bengkulu diteruskan melalui pesan whatsapps.

“Saya justru baru mengetahui karena ada pesan whatsapps masuk dari pak Gubernur. Isinya meneruskan keluhan dari warga yang anaknya menang MTQ namun hanya diberikan uang pembinaan Rp 150 ribu. Ini persis seperti MTQ tingkat kecamatan. Padahal MTQ tingkat kabupaten,” tegas Okti.

Sementara itu untuk kegiatan MTQ sendiri, Pemkab Seluma menyiapkan anggaran sebesar Rp 23 juta. Kemudian ditambah sumbangan dari pihak lain. Salah satunya anggota DPD Ahmad Kanedi yang memberikan bantuan sebesar Rp 5 juta serta sebagai penyelenggara Kemenag Seluma.

Lebih lanjut, Okti mengatakan, untuk selanjutnya sebelum digelar pelaksanaan kegiatan, sebaiknya dibahas terlebih dahulu untuk kebutuhan anggarannya. Sehingga bisa memberikan uang pembinaan kepada peserta yang juara dengan nomimal yang lebih pantas.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: