Asuransi untuk Sapi Betina

Asuransi untuk Sapi Betina

TAIS, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Seluma, Marahalim, SP, Mp MSi menghimbau dan mengajak para pemilik ternak sapi mengasuransikan hewan peliharaannya. Karena, saat ini Distan Seluma, membuka program asuransi untuk peternak Sapi, namun Sapi yang diasuransikan khusus Sapi betina.

\"Jika Sapi ini diasuransikan, maka jika sapi tersebut mati pemilik sapi mendapatkan uang pengganti sebesar Rp 10 juta,\" sampainya.

Dijelaskan, program asuransi ternak sapi, khusus sapi betina ini mulai dibuka pesaftarannya di Distan Seluma. Untuk itu, masyarakat khususnya peternak Sapi di Kabupaten Seluma, diimbau mendaftarkan Sapi betina miliknya untuk ikut dalam program asuransi ini. Pertahunnya, pemilik sapi cukup membayar Rp 40 ribu untuk satu ekor Sapi betina.

\"Premi yang harus dibayarkan itu Rp 200 ribu. Disubsidi pemerintah sebesar Rp 160 ribu, jadi pemilik sapi betina ini cukup membayar Rp 40 ribu saja,\" jelas Marahalim.

Manfaat yang didapat peternak yang mengasuransikan Sapinya tersebut, akan mendapatkan uang Rp 10 juta seandainya Sapi yang dipeliharanya tersebut mati akibat terserang penyakit atau terkena bencana alam. \"Untuk mendaftarkan sapi dalam program asuransi ini diharapkan melalui kelompok. Dengan begitu lebih mudah mengkoordinirnya,\" terangnya.

Adapun syaratnya bagi perternak yang mau mengikuti program ini, tambah Marahalim, tidaklah rumit. Peternak cukup melaporkan kepemilikan Sapi betinanya yang mau diasuransikan ke Distan Seluma, Sapi yang dapat diasuransikan adalah ternak yang dikandang, bukan ternak yang dilepasliarkan. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: