Rp 23 M untuk Bangun Jalan

Rp 23 M untuk Bangun Jalan

KOTA BINTUHAN, BE – Tahun 2013 ini Pemerintah Kabupaten Kaur melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengucurkan dana sebesar Rp 23 miliar lebih untuk pembangunan jalan dan jembatan.

Mayoritas dana tersebut berasal dari dana alokasi khusus (DAK) yang telah tercantum dalam APBD Tahun Anggaran 2013. Dana tersebut dipergunakan untuk membangun 10 ruas jalan dan 2 jembatan. \"Sepuluh ruas jalan dan dua jembatan sudah menjadi prioritas, karena hasil kajian tim bahwa jalan dan jembatan tersebut sudah layak dibangun. Makanya kita anggarkan agr bisa dinikmati oleh masyarakat,\" ujar Kadis PU Kaur, Jon Harimol Ssos kepada BE, kemarin.

Dikatakannya, 10 jalan tersebut yakni jalan Air Kering menuju Sengkuang Kecamatan Padang Guci Hulu dengan anggaran Rp 400 juta, pembangunan jalan ini nanti akan berupa lapen. Jalan Pasar Rebo menuju Sukajaya Kecamatan Nasal dengan pagu anggaran Rp 3,3 miliar, dengan anggaran dari sumber DAK yang cukup besar karena jalan yang dibangun berupa telford.

Peningkatan jalan pada jalan lingkungan Taman Bineka dengan anggaran total sebesar Rp 2 miliar, jalan Cinta Makmur ke Pondok Pusaka Rp 4,2 miliar, jalan Ulak Pandan menuju Bukit Indah  Kecamatan Muara Sahung Rp 2,75 miliar, jalan Kasuk Baru ke Latihan Kecamatan Tetap Rp 610 juta, jalan Pagar Dewa ke Tanjung Agung Kecamatan Tetap Rp 825 juta, jalan menuju boarding school Kecamatan Kaur Selatan Rp 550 juta, Jalan Suka Merindu dan Mentiring II Semidang Gumay Rp 575 juta dan jalan menuju sarana dan prasarana di Pondok Pusaka Rp 200 juta.

\"Untuk jalan Kasuk Baru menuju Latihan, jalan menuju Boarding School dan jalan menuju sarana prasarana Pondok Pusaka yang memakai telford, jalan lain menggunakan hotmix,\" jelasnya.

Sementara itu, selain membangun sepuluh jalan, Dinas PU juga akan melakukan pembangunan jembatan sebanyak 2 buah, yakni  satu yang terbesar yakni jembatan Air Sambat Kecamatan Maje sepanjang 102 meter yang akan menghabiskan dana sebesar Rp 8,3 miliar. Kemudian jembatan gantung Air Kering Kecamatan Padang Guci Hulu dengan anggaran 150 juta. \"Semua pembangunan akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang, mengingat saat ini masih proses tender,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: