Bawang Rp 120 Ribu Per Kilogram

Bawang Rp 120 Ribu Per Kilogram

TAIS, Bengkulu Ekspress - Bukan hanya di Kota Bengkulu saja harga bawang putih melonjak drastis. Hal sama juga terjadi di Kabupaten Seluma. Saat ini harga bawang putih di pasar tradsional di Seluma dijual mencapai Rp 120 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk harga bawang merah per/Kg saat ini Rp 45 Ribu sedang.

“Hari ini (kemarin,red) dari pengecekan tim kita di sejumlah pedagang. Khusus harga bawang Putih menjadi Rp 120 ribu per kilogram. Sedangkan di hari minggu lalu hanya Rp 100 ribu saja per kilogram,” imbuh Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian, Koperasi UKM (Disperindagkop dan UKM) H Mulyadi SSos MM kepada BE kemarin (7/5).

Dijelaskan Mulyadi, masih mahalnya harga bawang ini dipicu dari harga dari distributornya memang sudah mahal. Dampaknya pedagang lainnya ikut menaikkan harga. Ditambah lagi, bawang ini merupakan pasokan impor yang memang didatangkan dari luar negeri oleh Pemerintah RI. “Untuk harga bawang ini keseluruhan mengalami kenaikan termasuk di Kota Bengkulu,” sampainya.

Selain bawang putih, kenaikan harga kebutuhan barang pokok juga terjadi pada harga gandum dimana saat ini menjadi Rp 9 ribu dari sebelumnya hanya Rp 7.500. Untuk kebutuhan barang pokok lainnya masihlah stabil harganya. Dengan adanya kenaikan harga bawang ini jelas Disperindagkop dan UKM akan membuat sebuah laporan dan melaporkan pada satgas pangan di provinsi Bengkulu.

“Kita akan terus memantaau harga sembako ini dan terus melaporkan kejadian di lapangan termasuk harga yang mengalami kenaikan dan termasuk yang mengalami penurunan harga sekalipun,” sampainya.

Daftar Harga Sembako

Beras 1/kg Rp 9 Ribu-Rp 10 Ribu Minyak Goreng 1 Liter Rp 13 Ribu Daging Sapi Murni 1 Kg Rp 135 Ribu Garam 1 Kg Rp 5 Ribu-Rp 8 Ribu Tepung Terigu 1 Kg Rp 9 Ribu Mie Instan Per Bungkus Rp 2.500 Cabai Keriting Per Kg Rp 32 Ribu Daging Broiler Per Kg Rp 45 Ribu Daging Ayam Kampung Per ekor Rp 65 Ribu Telur Ayam Broiler Per Karpet Rp 42 Ribu Telur Ayam Kampung Per Butir Rp 3 Ribu Susu kental manis Per Kaleng Rp 13 Ribu Jagung Per Kg Rp 6 Ribu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: