Gali Potensi Desa

Gali Potensi Desa

\"\"MAJE, Bengkulu Ekspress - Camat Maje Eka Joni Ikwan SE mengharapkan seluruh Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di wilayah Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, untuk bisa menggali potensi yang ada di desa dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Pades).

“Desa di Kecamatan Maje ini memiliki berbagai potensi yang dibisa digarap untuk dijadikan pendapatan asli desa. Seperti pertanian, kelautan dan lainnya. Menjadi tugas anggota Kades bersama BPD, untuk lebih kreatif untuk menggali potensi yang ada di desa,” kata Camat belum lama ini.

Camat Mengatakan, saat ini desa-desa di Kecamatan Maje Kabupaten Kaur bisa dikatakan sebagai desa mempunyai potensi yang sangat besar. Pihaknya selalu mendorong Kades dan BPD untuk lebih kreatif dalam menggali segala potensi desa tersebut. Camat juga minta agar seluruh elemen masyarakat desa harus selalu memantau dan mengawasi pengelolaan keuangan desa. Hal ini penting, agar pemanfaatan dana desa sesuai skala prioritas pembangunan di desa.

“Pengawasan dan kontrol kepada desa kepala, anggota BPD jangan terkesan mencari-cari kesalahan kebijakan dan program kepala desa, karena ini akan menghambat pelaksanaan pembangunan di desa,” terang camat.

Ditambahkan Camat, ia Kepada Kades agar bisa bekerja sama dengan BPD, jangan mengedepankan ego pribadi dan kelompok. Karena, pembangunan desa ini harus dilakukan secara bersama-sama. Mulai dari perencanaan harus melalui BPD, hingga pelaksanaan dan penggunaanya harus melibatkan BPD.

\"Keberadaan Kades dan BPD sangat strategis karena turut bertanggung jawab dalam membangun desa pada segala sektor di desa masing-masing. Berikan terbaik untuk mempercepat proses dan peningkatan pelayanan masyarakat,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: