Poli Fisioterapi Dibuka

Poli Fisioterapi Dibuka

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lebong sudah mampu melayani masyarakat yang akan melakukan fisioterapi, terutama bagi anak berkebutuhan khusus dan pelayanan bagi Ibu sebelum serta sesudah melahirkan.Direktur RSUD Kabupaten Lebong, dr Ari Afriawan mengatakan, bahwa saat ini RSUD Lebong telah memiliki fisioterapi yang sebelumnya baru diangkat di penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).“Untuk itulah RSUD membuka poli fisiotrapi,” jelasnya, kemarin (26/04).

Ada beberapa macam pelayanan yang ada di RSUD Kabupaten Lebong, terutama untuk anak-anak berkebutuhan khusus (cerebral palsy, down syndrome, autism dan yang lainnya) serta senam ibu sebelum serta sesudah melahirkan.“Dua jenis pelayanan itu sudah bisa kita layani yang membuka pelayanan setiap hari jam kerja,” sampainya.

Selain dua pelayanan tersebut, masih ada 7 pelayanan fisioterapi lainnya. Seperti fisioterapi nyeri kaku dan sendi (leher, bahu, pinggang, lutut serta anggota gerak lainnya). Selain itu, fisioterapi kelemahan otot, pasca fraktur atau patah tulang, spasme otot, penjepitan saraf tulang pelakang.“Juga pasca strok dan bells palsy,” ucapnya.

Akan tetapi untuk 7 pelayanan tersebut, saat ini RSUD lebong belum bisa melayani secara maksimal. Karena sarana dan prasarana pendukung dalam melakukan fisioterapi belum mencukupi. Baik itu seperti lampu infra merah, alat bantu saraf serta yang lainnya.“Untuk itulah, kita akan memenuhi sarana dan prasarana secara bertahap,” ujarnya.

Meskipun sarana dan prasarana belum mencukupi, bukan berarti pelayanan tidak bisa dilakukan. Dimana saat petugas terapi bisa melayani masyarakat yang akan melakukan konsultasi masalah yang sedang dialaminya. “Nanti terapis kita akan memberikan masukan, sehingga dapat membantu pasien meskipun alat bantu penyembuhan belum lengkap,” tutur Direktur RSUD.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: