Gebyar SMK untuk Tingkatkan Kreativitas Siswa

Gebyar SMK untuk Tingkatkan Kreativitas Siswa

CURUP, Bengkulu Ekspress- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Bapak H. Budiman Ismaun, MPd menyambut baik kegiatan Gebyar SMK yang dilaksanakan MKKS SMK Kabupaten Rejang Lebong. Karena dengan kegiatan tersebut maka menurutnya bisa meningkatkan kreativitas para siswa.

\"Kegiatan gebyar SMK ini sangat bagus karena bisa meningkatkan kreativitas para siswa maupun guru SMK yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,\" sampai Budiman usai membuka Gebyar SMK tingkat Kabupaten Rejang Lebong yang dilaksanakan di SMKN 1 Rejang Lebong, Jumat (26/4) kemarin.

Dijelaskan Budiman, kegiatan gebyar SMK tersebut bisa meningkatkan kreativitas siswa, karena menurutnya gebyar SMK tersebut merupakan wadah para siswa dan guru SMK untuk berkompetisi. Sehingga menurutnya dengan adanya kompetisi tersebut tentunya para guru dan siswa SMK akan berlomba untuk menyiapkan produk-produk terbaik dengan kreativitas-kreativitas yang mereka miliki.

Lebih lanjut Budiman menjelaska, kegiatan gebyar SMK yang dilaksanakan MKKS SMK Kabupaten Rejang Lebong tersebut, sangat menarik, dimana menurutnya semua SMK sangat antusias mengikituti tersebut, bahkan dalam kegiatan tersebut panitia sudah berkoordinasi dengan pelajar SMP yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk melihat langsung kegiatan tersebut, dengan harapan anak-anak SMP bisa melihat program-program yang ada di SMK sehingga mereka bisa memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat mereka.

\"Kegiatan ini sudah sangat baik, namun kedepannya harus lebih baik lagi, seperti tingkatkan sosialisasi sehingga masyarakat akan lebih banyak yang tahu,\" pesan Budiman.

Menurut Budiman, kegiatan gebyar SMK ini dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Dimana menurutnya pemenang dalam gebyar tingkat SMK di Kabupaten Rejnag Lebong tersebut akan dikirim ke tingkat Provinsi Bengkulu dan pemenang tingkat Provinsi Bengkulu akan mewakili Bengkulu ke tingkat nasional.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga berpesan kepada seluruh kepala SMK khususnya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk bekerjasama dengan pelaku dunia usaha atau industri, sehingga nantinya sekolah bisa menyalurkan lulusan dari sekolah mereka masing-masing. Karena menurut Budiman, pembentukan minat dan bakat siswa disekolah tersebut akan sia-sia bila saat lulus nanti mereka tidak bisa menyalurkan kemampuan mereka.

\"Sesuai dengan tujuannya, lulusan SMK adalah lulusan yang siap kerja sehingga para kepala sekolah harus mencarikan peluang lulusan sekolahnya untuk masuk dalam dunia kerja,\" paparnya.

Kemudian menurut Budiman, meskipun lulusan SMK dibentuk untuk bisa masuk dalam dunia kerja, namun bukan berarti lulusan SMK tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Karena menurut Budiman selain siap masuk dalam dunia kerja, lulusan SMK juga bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Sementara itu, ketua panitia yang juga Ketua MKKS SMK Kabupaten Rejang Lebong, Asep Suparman SPi MPd menjelaskan kegiatan gebyar SMK sendiri tak lain untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas dan kompetensi pelajar SMK di Kabupaten Rejang Lebong.\"Kegiatan ini sebenarnya sudah kita mulai sejak tanggal 23 kemarin, namun untuk pembukaan dan penutupannya kita laksanakan hari ini (kemarin),\" sampai Asep.

Dalam kegiatan Gebyar SMK, selain memamerkan produk-produk hasil kreatifitas siswa SMK yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, juga dilakukan sejumlah kegiatan lainnya seperti lomba kreatifitas siswa, oliampiade olahraga dan sejumlah kegiatan lainnya.

Kegiatan Gebyar SMK sendiri, merupakan yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Rejang Lebong, karena menurut Asep sebelumnya saat akan mengirim utusan ke Bengkulu sistemnya hanya main tunjuk SMK mana yang akan mewakili Rejang Lebong. Namun karena pertimbangan sistem tunjuk tersebut bisa mematikan kreatifitas siswa lainnya yang tidak ditunjuk, maka MKKS SMK Rejang Lebong melaksanakan gebyar SMK untuk mencari bakat-bakat potensial yang ada di SMK untuk mewakili Rejang Lebong ke Provinsi Bengkulu.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: