Waspada Penyakit DBD

Waspada Penyakit DBD

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kaur kembali meminta pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Kaur untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD). Sebab saat musim hujan seperti sekarang ini, sangat berpotensi berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti. “Kita sudah menginstruksikan semua Puskesmas dapat melakukan pencegahan penyakit DBD, yang mulai menyebar belakangan ini,” kata Kepala Dinkes Kaur Azwar S Sos, kemarin (26/4).

Dikatakan Azawar, ia selalu meminta kepada 16 Puskesmas di 15 kecamatan Kabupaten Kaur agar dapat meningkatkan kewaspadaan penularan penyakit DBD. Hal ini sehubungan dengan curah hujan cenderung meningkat selama beberapa pekan terakhir ini. Sebab biasanya cura hujan tinggi bisa menimbulkan penyebaran penyakit DBD, melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang berkembang pada genangan air itu.

“Kepada masyarakat mengaktifkan gerakan pemberantasan serangan nyamuk melalui 3M, menguras dan menutup,” ujarnya.

Selain itu itu, pihaknya juga meminta kepada masyarakat mengenakan kelambu, menggunakan obat nyamuk, menutup lubang potongan bambu dan menyebar abte di kamar mandi. Sebab dengan gerakan ini bisa mencegah kasus kejadian luar bisa (KLB) berbagai penyakit menular, dintaranya penyakit DBD.“Kita berharap petugas Puskesmas dan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan penyakit DBD agar tidak terjadi kasus KLB,” harapnya.

Azwar menambahkan, penyebaran DBD ditimbulkan akibat lingkungan kurang bersih. Sehingga memungkinnan berkembangan nyamuk aedes aegpty. Karena itu, masyarakat tetap harus waspada serta memperhatikan lingkungan dimanapun berada. Sebab pemberantasan nyamuk harus melibatkan semua komponen masyarakat. “Saya minta pada masyarakat peduli terhadap gerakan antisipasi penyebaran DBD ini. Juga jika ada warga terserang DBD segera melapor ke puskesmas terdekat,” tadasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: