RAPBD Disahkan Tanpa Fraksi Golkar

RAPBD Disahkan Tanpa Fraksi Golkar

\"IMG_3161\"CURUP, BE - Rancangan APBD tahun anggaran 2013, Senin (11/02) disepakati untuk disahkan menjadi peraturan daerah (Perda). Hanya saja, ketok palu anggaran yang dipimpin Ketua DPRD Rejang Lebong Drs Darussamin itu tidak dihadiri Fraksi Partai Golongan Karya.

\"Kami minta jadwal paripurna pengesahan anggaran ini tetap dilanjutkan, meski Fraksi Golkar tidak hadir dengan menyampaikan permohonan penundaan pengesahan,\" tegas anggota Badan Anggaran Erfensi, SH dalam paripurna, yang dihadiri Bupati RL H Suherman SE MM, forum koordinasi pimpinan daerah, dan sejumlah pejabat daerah tersebut.

Erfensi menilai, ketidakhadiran satu fraksi tidak bisa membatalkan kesepakatan finalisasi anggaran yang sudah dibahas oleh Badan Anggaran dan tim anggaran pemerintah daerah. \"Percuma saja kita bahas anggaran daerah ini siang dan malam, kalau ternyata dibatalkan karena salah satu fraksi tidak siap menyampaikan pandangan fraksi mereka,\" tegas eks politisi PPP itu.

Hal senada disampaikan anggota Fraksi Keadilan Rakyat Persatuan Bangsa, Herizal Apriansyah SSos.  Dalam surat yang disampaikannya, Fraksi Golkar menyatakan tidak siap sedangkan Badan Musyawarah sendiri orang Golkar.

Selain itu Fraksi Golkar ingin mengkaji mempelajari terlebih dulu soal pos dana hibah.  \"Terkait persoalan ini, kami sangat berharap pencairan dana hibah dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bupati harus tegas sehingga tidak bermasalah kemudian hari,\" pinta Herizal.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar Yurizal dikonfirmasi wartawan mengaku tidak tahu soal ketidakhadiran para politisi partai berlambang beringin itu mewakili Fraksi Partai Golkar dalam paripurna.  \"Kebetulan saya sedang cuti, karena di rumah ada acara anak kami yang dinikahkan, saat ini kami masih di dusun tidak tau kabar soal Fraksi Golkar yang tidak hadir,\" tuturnya.

Terlepas dari ketidakhadiran Fraksi Golkar tersebut, sebanyak lima fraksi diantaranya Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi Hanura, Fraksi Keadilan Rakyat Persatuan Bangsa dan Fraksi Nasional Perjuangan Indonesia Raya, sepakat untuk mengesahkan APBD TA 2013, meski tanpa Golkar.

\"APBD TA sepakat kita sahkan, disetujui lima fraksi, dan satu fraksi abstein,\" kata Darussamin. Agenda paripurna kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan pengesahan APBD TA 2013 serta penyerahan Raperda oleh Ketua DPRD kepada Bupati Rejang Lebong.  Dalam sambutannya, Bupati RL menyampaikan apresiasi atas dukungan dewan perwakilan rakyat, yang telah melakukan pembahasan terhadap anggaran APBD RL hingga pengesahan anggaran. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: