Kembangkan Industri Batik Rumahan

Kembangkan Industri Batik Rumahan

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang sangat serius membangunan sektor industri kecil menengah. Salah satunya dengan mengembangkan industri batik rumahan, supaya bisa tumbuh dan berkembangkan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU mengatakan, jika dukungan sarana dan prasarana pengembangnan industri batik sangat didukung pihaknya. Mulai dari menyediakan otlet dagangan khusus perajin batik, hingga menggelar berbagai pelatihan dan pendidikan khusus bagi para pengrajin agar memiliki kemampuan dalam mengembangkan produknya.

“Program pengembangan industri batik sejalan dengan program utama pemerintah dalam mengembangkan pariwisata. Khusus di kawasan Kabawetan, kita juga menyedikan otlet dagangan untuk para pengrajin,” ungkap Hidayatullah.

Menurutnya, pemerintah juga mendorong lintas OPD terkait. Seperti Bappeda, Dinsos PMD dan Dinas Perindustrian Tenaga Kerja agar mengalokasi anggaran untuk pengembangan industri batik. “Bappeda juga kita dorong agar merencanakan anggaran untuk pengembangan industri. Dinsos PMD dalam menyusun Perbup DD juga kita arahkan agar ada mengalokasikan anggaran DD untuk pengembangan industri pedesaan,” tuturnya.

Selain inprastruktunya, pemerintah juga mendorong peningkatan SDM. Supaya para warga pengrajian batik bisa menyambut dengan baik fasilitas yang sudah disiapkan.  “Persiapkan SDM, industri kecil perlu sekali, supaya warga tidak bergantung denga kebun kopi saja. Kendala selama ini karena semata-mata hanya mengandalkan kopi. Industri batik dukung program pariwisata,” pungkas Bupati. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: