OPD Diminta Usulkan DAK 2020, 1 Mei

OPD Diminta Usulkan DAK 2020, 1 Mei

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Pemda Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya menarik dana pusat agar mengucur ke Bengkulu Selatan. Untuk mendapatkan kucuran dana pusat, saat ini Bengkulu Selatan sedang berusaha mengajukan usulan dana alokasi khusus (DAK), Sehingga setiap organisasi perangkat daerah (OPD) diminta mengajukan usulan.

“ Saya minta semua OPD dapat segera mengajukan usulan, penyampaian usulan mulai 1 Mei nanti,” kata Kepala Bappeda dan Litbang Bengkulu Selatan, Ir H Jonior Haviz MAP saat rapat evaluasi pelaksanaan pembangunan tri wulan pertama di gedung serba Guna Bappeda dan Litbang Bengkulu Selatan, Rabu (24/4).

Jonior mengatakan, usulan DAK tersebut untuk tahun anggaran 2020 mendatang. Sehingga dirinya meminta setiap OPD dapat mempersiapkan usulan DAK. Sehingga nanti, DAK yang dikucurkan ke Bengkulu Selatan dapat lebih besar dari tahun 2019 ini. “ Dengan adanya DAK, maka dapat membantu pelaksaan pembangunan di Bengkulu Selatan ,” ujarnya.

Jonior menambahkan, pada tahun 2019 ini DAK yang diterima Bengkulu Selatan diantaranya bidang pendidikan sebesar Rp 24,8 Miliar, Bidang Kesehatan dan KB sebesar Rp 58, 1 Miliar, Pembangunan jalan sebesar Rp 25,5 Miliar, Air Minum Rp 2,7 Miliar, Sanitasi sebesar Rp 5,4 Miliar, Perumahan dan pemukiman sebesar Rp 2,9 Miliar, Kelautan dan perikanan Rp 1,7 Miliar, pariwisata sebesar Rp 1,7 Miliar, bidang pertanian sebesar Rp 3,3 Miliar dan Pasar sebesar Rp 3,3 Miliar. “ DAK yang kita terima tahun ini sekitar Rp 129,3 Miliar, semoga tahun depan bisa lebih besar lagi,” harap Junior.

Asisten 3 Bupati, Novman Ahmad Ali SE juga meminta para kepala OPD dapat segera membuat proposal, sehingga nanti dapat segera disampaikan ke pemerintah pusat. Sehingga saat pembahasan pada APBN nanti, Bengkulu Selatan mendapat bagian dana yang besar. Dengan begitu, pembangunan di Bengkulu Selatan dapat lebih cepat.Sebab, jika hanya mengandalkan dana APBD, maka semua pembangunan sulit terealisasi. Karena dana yang ada sangat minim.  “ Kalau tidak ada proposal usulan, bagaimana pemerintah pusat mau mengusulkan dana ke Bengkulu Selatan,” ujar Novman Ali. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: