172 Ton Benih Padi Disalurkan

172 Ton Benih Padi Disalurkan

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka mempercepat musim tanam padi sawah, saat ini Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS) telah menyalurkan benih padi bantuan kepada petani. “ Benih pagi yang kami salurkan sebanyak 172, 05 ton,” kata Kepala Dinas pertanian BS,Sukarni Dunip SP MM melalui Kabid Ketahanan Pangan, Ir Trisman Msi.

Trisman mengatakan, benih padi yang disalurkan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Adapun jenisnya yakni Mikonga. Bantuan pagi ini untuk petani sawah dengan luas areal sawah 6.882 hektar dan 377 kelompok tani yang tersebar di 11 Kecamatan dalam wilayah Bengkulu Selatan. “ Benih padi ini disalurkan secara gratis,” ujarnya.

Trisman menambahkan, penyaluran benih padi ini bertepatan dengan saat ini sebagian besar sawah di Bengkulu Selatan  sudah selesai panen. Sehingga dengan adanya benih tersebut, petani yang sudah panen dapat langsung turun ke sawah. Sebab mereka sudah tidak dipusingkan lagi harus mencari benih yang berkualitas. “ Dengan adanya penyaluran benih ini, petani bisa langsung menggarap sawahnya kembali,” imbuhnya.

Adanya upaya tersebut, sambung trisman agar sawah-sawah di Bengkulu Selatan  dapat panen hingga 3 kali dalam satu tahun. Sehingga ke depan Bengkulu Selatan  mampu berswasembada beras. Dengan begitu,BS tidak lagi kekurangan beras yang merupakan bahan kebutuhan pokok warga. “Kami menargetkan tahun 2019 ini BS mampu berswasembada beras,” bebernya.

Untuk mendukung target tersebut, beber Trisman selain membantu benih secara gratis, pihaknya melalui brigade pertanian Bengkulu Selatan  juga siap membantu petani untuk mengolah lahan pertanian sawah.Trisman mengaku saat ini pihaknya sudah menyiapkan bajak. Sehingga warga bisa memanfaatkan alat pembajak tersebut untuk membajak sawah mereka. “Kami ada alat pembajak sawah,jika petani membutuhkan silahkan ajukan permohonan, jangan sampai tidak ada alat pembajak sawah menjadi alasan pengolahan sawah tidak maksimal,” terang Trisman. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: