Wacanakan Bentuk PT Bumdes

Wacanakan Bentuk PT Bumdes

SEGINIM, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Bengkulu Selatan (BS), Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM mewacanakan pembentuan perseroan terbatas (PT) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Nanti kita upayakan pembentukan PT Bumdes,” katanya saat menghadiri lomba desa di Desa Padang Siring, Seginim, Selasa (23/4).

Gusnan mengatakan, pentingnya pendirikan PT Bumdes ini untuk menampung semua produk warga desa. Sehingga nantinya produk tersebut bisa dipasarkan secara maksimal.Hingga akhirnya memiliki nilai jual yang tinggi.“ Dengan adanya PT Bumdes ini, maka produk kerajinan, agar produk-produk warga yang bernilai jual bisa dipasarkan secara maksimal,” ujarnya.

Untuk pembentukan Bumdes ini, sambung Gusnan perlu mendapat dukungan dari para kepala desa (Kades). Dirinya berharap semua kades di BS dapat mendukungnya, sehingga nanti dapat mengelola seluruh produk warga, seperti di Seginim bisa mengelolah produksi ikan patin atau di daerah lain produksi kas daerah tersebut.“ Saya minta semua kades bisa mendukungnya, agar perekonomian warga semakin tumbuh,” harap Gusnan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Siswanto S Sos Msi sangat mendukung wacana tersebut.Sehingga nanti, semua produk warga bisa ditampung, dan pemerintahan desa juga bisa menganggarkan dana dari dana desa (DD) untuk pengembangan produk warganya. Sehingga nanti produk-produk lokal bisa dikelola dengan baik dan pada akhirnya bisa dipromosikan ke luar. Sehingga warga luar berkunjung ke Bengkulu Selatan selain ingin menikmati suasana alamnya, juga dapat menikmati produk lokal yang berkualitas. “ Dengan adanya dukungan semua kades, maka PT Bumdes saya yakin bisa terbentuk,” ujarnya.

Oleh karena itu, Siswanto mengajak para kepala desa se Bengkulu Selatan untuk mendukung ide cemerlang Plt Bupati Bengkulu Selatan tersebut. Sehingga nantinya warga Bengkulu Selatan semakin kreatif. Dengan begitu Bengkulu Selatan juga akan dikenal dari luar sebagai penghasil produk yang berkualitas. “Mudah-mudahan dengan terbentuknya Bumdes nanti, akan ada geliat perekonomian warga ke arah yang lebih baik,” harap Siswanto. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: