Tertipu Calo CPNS Rp 270 Juta

Tertipu Calo CPNS Rp 270 Juta

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kasus dugaan penipuan berkedok bisa meluluskan seseorang menjadi CPNS kembali diterima Polda Bengkulu. Kali ini korbannya Yung Berzandi (61), warga Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Korban kehilangan uang Rp 270 juta akibat percaya tawaran calo CPNS. Kasus ini telah dilaporkan ke Polda Bengkulu, dengan terlapor berinsial DE.

Berdasarkan data yang terhimpun Bengkulu Ekspress, kejadian tersebut terjadi pada 16 Desember 2016. Berawal dari terlapor mendatangi korban dan menawarkan agar anak korban menjadi CPNS. Dengan menyetorkan uang sogokan Rp 270 juta. Dalam kesepakatan itu, terlapor pun berjanji, apabila anak pelapor tidak lulus menjadi PNS, maka terlapor akan mengembalikan uang sebesar Rp 270 juta tersebut. Korban pun tergiur dan menyerahkan uang tersebut secara bertahap sebanyak 2 kali. Pertama sebesar Rp 170 juta dan yang kedua sebanyak Rp 100 juta.

Naas bagi korban, setelah ditunggu dari hari ke hari hingga berbulan-bulan, anak korban atau pelapor tidak kunjung lulus CPNS. Bahkan informasi CPNS tersebut memang tidak ada. Sementara itu uang yang sudah diberikan, juga tidak dikembalikan terlapor. Bosan menunggu niat baik terlapor mengembalikan uang tersebut tak kunjung datang. Korban akhirnya, melaporkan kejdian ini ke Polda Bengkulu, untuk diproses secara hukum.

Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno SSos MH saat dikonfirmasi terkait dengan laporan tersebut membenarkan adanya kasus tersebut dan korban pun juga masih dilakukan pemeriksaan oleh anggota Reskrimum Polda Bengkulu.

“Ya, kalau laporan dari korban memang sudah masuk dan sudah kita terima. Sekarang Laporan tersebut masih dalam proses penyelidikan anggota Reskrimum. Pada prinsipnya, setiap laporan yang masuk dengan kita dipastikan akan kita tindak secara professional sehingga ditemukan orang yan harus bertanggungjawab dalam kejadian tersebut,” ungkap Sudarno kepada Bengkulu Ekspress kemarin (5/4). (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: