2 Pasar Tradisional, Dibangun

2 Pasar Tradisional, Dibangun

CURUP Bengkulu Ekspress - PEMERINTAH Kabupaten Rejang Lebong kembali mendapat kuncuran anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunan pasar tradisional di Kabupaten Rejang Lebong. Pada tahun 2019 ini ada dua pasar tradisional yang akan dibangun di Kabupaten Rejang Lebong. Dua pasar tradisional yang akan dibangun di Kabupaten Rejang Lebong tersebut yaitu Pasar Baru Manis yang ada di Kecamatan Bermani Ulu dan Pasar Kamis yang ada di Simpang Bukit Kaba Kecamatan Selupu Rejang. Dimana anggaran untuk pembangunan dua pasar tersebut mencapai Rp 2,5 juta.

\"Tahun ini ada dua pasar yang akan kembali kita bangun dengan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat,\" sampai Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong, Samsul Bahri.

Dijelaskan Samsul Bahri, dari anggaran sebesar Rp 2,5 miliar yang dikucurkan oleh pemerintah pusat tersebut, sebesar Rp 1,7 miliar akan digunakan untuk membangun Pasar Kamis di Simpang Bukit Kaba sedangkan sisanya sekitar Rp 850 juta akan digunakan untuk membangun pasar di Desa Baru Manis.

Dalam proses pembangunan pasar sendiri, dijelaskan Samsul salah satu spesifikasi yang telah ditetapkan dalam pembangunan kedua pasar adalah menggunakan rangka baja, dan tentunya akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung lainnya untuk mempermudah proses transaksi di kedua pasar itu nantinya.

Di sisi lain, tak hanya membangun dua pasar tradisional, pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong juga akan membangun pasar khusus daging yang akan ditempatkan di kawasan Pasar Atas Kota Curup. Dimana anggaran yang digunakan untuk membangun pasar khusus daging tersebut juga berasal dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan besaran anggaran mencapai Rp 4 miliar.

\"Pasar daging ini rencananya akan kita bangun 110 kios, dimana nantinya yang akan mengisi pasar tersebut adalah pedagang daging sapi, ayam potong, kambing dan ikan,\" jelas Samsul.

Masih menurut Samsul, program pembangunan pasar yang dikucurkan oleh pemerintah pusat tersebut merupakan bagian dari program Presiden Joko Widodo yaitu membangun 5 ribu pasar di tanah air. Untuk Kabupaten Rejang Lebong sendiri, pada tahun 2018 lalu mendapat kucuran untuk pembangunan lima pasar yaitu dua unit dalam Kecamatan Bermani Ulu, satu unit dalam Kecamatan Bermani Ulu Raya, kemudian Pasar Sindang Jati, Kecamatan Sindang Kelingi dan satu unit di Kecamatan Kota Padang. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: